Scroll to Top

Southampton: Morgan Schneiderlin Akan Dinaturalisasi Timnas Inggris?

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 12 Nov 2013

Schneiderlin

Muncul lagi wacana naturalisasi yang bisa dilakukan Timnas Inggris untuk memperkuat skuadnya. Setelah Adnan Januzaj (Manchester United), kini muncul nama Morgan Schneiderlin, gelandang Southampton yang sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi warga negara Inggris meski ia adalah pemain kelahiran Prancis.

Pemain berusia 24 tahun itu memang lahir di Obernal, Prancis, pada 8 November 1989 silam. Namun ia sudah tinggal selama lima tahun di Inggris setelah bergabung dengan Soton pada 2008 lalu. Berdasar peraturan, maka Schneiderlin sudah bisa menjadi warga negara Inggris jika ia mau lantaran sudah tinggal minimal lima tahun disana.

Adalah manajer Soton, Mauricio Pochettino, yang menghembuskan wacana naturalisasi tersebut. Schneiderlin memang tercatat pernah bermain bagi Prancis U16 hingga U21, namun belum sekalipun mengecap penampilan di timnas senior.

“Saya terkejut ketika mengetahui Morgan tak jua dipanggil Timnas Prancis karena ia punya kualitas yang sama dengan para pemain yang sekarang dipanggil. Ia adalah pemain dengan kualitas yang luar biasa dan saya bisa menjaminnya 100 persen!” seru Pochettino.

“Satu hal yang ingin saya katakan pada Federasi Sepakbola Prancis adalah bahwa mereka harus waspada akan kehilangan bakat Morgan karena sekarang ia bisa bermain untuk Inggris. Morgan hanya perlu menjaga kerja bagusnya selama ini dengan penuh rendah hati sampai ia mendapat panggilan dari timnas.”

Schneiderlin memang menjadi salah satu roh di lini tengah Soton bersama Victor Wanyama dan James Ward-Prowse. Tak jarang ia harus melakukan tekel keras demi menghadang laju serangan lawan.

Meski demikian, bukan berarti Schneiderlin tak jago dalam hal membantu serangan dan mencetak gol. Ia turut menyumbang satu gol dalam kemenangan 4-1 yang diraih Soton atas Hull City akhir pekan lalu. Musim kemarin pun Schneiderlin bisa mengemas lima gol sepanjang musim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda