Scroll to Top

Ibu Hamil yang Berolahraga Memiliki Anak Lebih Cerdas

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 12 Nov 2013

hamil

Wanita hamil yang masih menyempatkan untuk berolahraga dimunginkan akan memiliki anak yang lebih cerdas. Studi yang dilakukan Universitas Montreal menemukan ada kaitan antara ibu hamil berolahraga dengan perkembangan otak bayinya saat lahir kelak. Otak bayi menunjukkan pola yang lebih matang.

Efek saat bayi sudah besar yaitu mereka memiliki mental yang lebih baik. Keuntungan ini dirasakan sepenuhnya oleh anak dari sejak bayi sampai dewasa. Peneliti menemui manfaat ini pada ibu hamil yang diketahui melakukan olahraga tiga kali per minggu yang setiap sesinya dijalankan selama 20 menit.

Bagi ibu hamil sendiri, olahraga memberikan mood yang lebih baik. Di samping itu, mereka lebih mampu untuk mengontrol berat badan. Tubuh menjadi tidak mudah sakit-sakitan. Sementara terhadap baiknya perkembangan otak janin, peneliti mengatakan hal itu ibarat bonus dari berolahraga.

“Kami katakan di sini adalah bonus tambahan, olahraga memberikan anak Anda perkembangan otak di awal (kelahiran),” kata peneliti Elise Labonte-LeMoyne seperti dikutip Guardian.

Studi melibatkan 18 wanita hamil pada trimester pertama, Ada 10 wanita dalam kelompok diminta berolahraga secara moderat dengan bersepeda, berjalan, berlari, atau berenang tiga kali seminggu. Sementara 8 wanita dalam kelompok lain diminta untuk tidak berolahraga.

Pada saat bayi lahir, 12 hari setelahnya dilakukan perekaman aktivitas otak dengan EEG. Di sini peneliti mendapati bahwa otak anak yang lahir dari ibu hamil dan berolahraga, lebih cepat berkembang dibanding anak yang lahir dari ibu hamil jarang berolahraga.

“Para bayi yang lahir dari ibu yang aktif secara fisik memiliki aktivasi otak lebih matang, menunjukkan bahwa otak mereka berkembang lebih cepat,” kata Labonte – LeMoyne.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda