Scroll to Top

Boeing 787 Dreamliner Punya Masalah pada Baterai

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 12 Nov 2013

boeing787

Pesawat terbang sekelas Boeing belum tentu tanpa cela. Japan Airlines (JAL) justru menemukan ada yang tidak beres dari pesawat Boeing 787 Dreamliner yang dioperasikannya. Pesawat tersebut diduga memiliki asalah pada sistem baterai. JAL terlah membuat laporan dan dikirimkan ke Boeing.

Masalah baterai ditemui pilot JAL saat menerbangkan pesawat ke Finlandia dari Tokyo pada Jumat lalu (08/11). Pada saat di angkasa, pilot mendapati sinyal peringatan bahwa ada masalah pada baterai. Padahal, baterai ini menjadi unit sumberdaya cadangan untuk keperluan penerbangan.

Untungnya, masalah baterai tidak sempat menimbulkan masalah sangat serius selama terbang sampai mendarat. Pilot mendapati sistem motor pesawat masih memberitahukan jumlah voltase dan arus listrik yang normal. Ini membuat pesawat belum mendapati masalah saat landing di Helsinski.

“Setelah mendarat kami ganti baterai dan charger di sumber daya cadangan, pesawatnya sekarang sudah dijalankan lagi seperti biasa,” kata juru bicara JAL, seperti dikutip BBC.

Masalah baterai ini tidak hanya sekali terjadi di Boeing. Awal tahun ini Boeing terpaksa mengandangkan pesawatnya selama sebulan akibat masalah baterai tersebut. Dan, kasus 787 Dreamliner ini seolah menjadi dejavu bagi Boeing. Pesawat 787 Dreamliner memiliki baterai lithium-ion dan pernah diketahui memercikkan api. Di Jepang, pesawat 787 Dreamliner dipakai untuk maskapai JAL dan ANA.

Sebenarnya Boeing telah melakukan revisi terhadap baterainya dengan melakukan modifikasi. Namun masalah utama dari beberapa kejadian ada baterai belum ditemukan. Sayangnya, masalah yang ditemui bukan hanya pada baterai. Pesawat ini juga diketahui pernah mempunyai masalah pada sensor tekanan udara, sistem rem, sampai ke toilet yang tidak bisa dipakai membilas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda