Scroll to Top

Cara Mudah dan Aman Menjual Kendaraan Secara Online

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 12 Nov 2013

jualan mobil

Menjual kendaraan tidak lagi mesti menawarkan ke sana-sini atau membawa kendaraan di jalan lalu menempelkan tulisan “dijual”. Kemajuan komunikasi membawa perdagangan online sebagai alternatif berjualan. Termasuk untuk kendaraan, jual beli terasa lebih mudah dilakukan dan jangkauan pemasarannya lebih lebih.

Dikutip Antara, berikut ini tips berjalan kendaraan secara online yang dilansir dari situs iol.co.za:

  1. Pastikan semua dokumen yang berhubungan dengan kendaraan masih ada. Jika ada dokumen yang kurang biasanya menimbulkan masalah dengan pembeli. Termasuk, jika kendaraan Anda jenis yang memerlukan izin kelayakan jalan, sertakan pula sebagai pelengkap penjualan.
  2. Cek kondisi detil dari kendaraan yang ditawarkan. Catat kondisi fisiknya untuk disampaikan dalam materi promo online. Jangan lupa sertakan kekurangan dari kendaraan yang Anda temukan. Adanya informasi awal yang jujur membuat konsumen lebih objektif untuk menilai kendaraan yang hendak dibelinya.
  3. Tetapkan harga yang wajar sesuai tipe dan kendaraan. Untuk memperkuat nilai harga tersebut, Anda bisa menambahkan foto interior, eksterior, atau pun foto detil lainnya.
  4. Jika ada fungsi dari kendaraan yang tidak berfungsi normal, misalnya lampu atau AC mati, sebaiknya diperbaiki dulu. Kecacatan kerapkali menurunkan harga jual kendaraan. Bodinya juga jangan lupa dibersihkan dan dikilapkan. Namun, jujurlah mengatakan apa adanya bila calon pembeli menanyakan tentang kelebihan dan kekurangan kendaraan Anda.
  5. Sangat dianjurkan untuk melakukan transaksi secara cash on delivery (COD). Denga begitu Ada dapat langsung mengenal pembeli. Dan, aturlah pertemuan di tempat yang memiliki kamera CCTV atau dekat kantor kepolisian. Ini untuk antisipasi jika ternyata Anda ditipu. Di samping itu dalam melakukan test drive, calon pembeli harus disertai Anda atau orang lain kepercayaan Anda. Jangan datang sendirian menemui calon pembeli.
  6. Terkait cara membayar, usahakan melakukan pembayaran via transfer bank dengan bersama-sama pembeli datang ke bank atau ATM. Menerima pembayaran lewat cek atau tunai cukup berisiko karena nilai transaksinya mungkin sangat besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda