Scroll to Top

Tizen 3.0 Diluncurkan, Dukung Prosesor 64-bit & Multiuser

By Ditya / Published on Tuesday, 12 Nov 2013
Tizen 3.0
Tizen 3.0

Sistem operasi Tizen Linux versi 3.0 telah diluncurkan dan mengusung beberapa fitur baru, antara lain adalah dukungan multiuser dan prosesor 64-bit. Sampai saat ini memang belum ada produk berbasis Tizen OS yang diluncurkan ke pasar. Informasi terakhir menyebutkan bahwa tablet dan smartphone akan dirilis tahun 2014 mendatang.

Di ajang Tizen Developer Summit yang digelar di Korea Selatan minggu ini, diperkenalkan sistem operasi Tizen 3.0 bersama beberapa fitur unggulannya. Dukungan multiuser dan prosesor 64-bit adalah dua fitur andalan Tizen OS versi 3.0.

Apa saja yang ada ditawarkan oleh sistem operasi Tizen 3.0 ini? Tizen 3.0 ini menawarkan Core OS dan toolchain baru yang didukung oleh mesin rendering grafis 3D baru. Tizen 3.0 ini juga menggunakan runtime aplikasi HTML5 yang disebut dengan Crosswalk yang dikembangkan dari Chromium dan Blink milik Google. Tizen 3.0 ini juga didukung oleh X display server dari Wayland.

Tak hanya itu, Tizen 3.0 ini juga datang dengan dukungan prosesor 64-bit yang kompatibel dengan arsitektur ARM 64-bit dan juga chip Intel 64-bit. Meski demikian, sebagian produk smartphone dan tablet saat ini lebih banyak menggunakan ARM dari pada Intel.

Sistem operasi Tizen OS 3.0 ini diklaim sangat ringan dap dapat digunakan oleh smartphone kelas low-end yang dinamai Tizen Phone Lite. Sistem opetasi Tizen Phone Lite ini dapat dijalankan oleh smartphone dengan RAM 256MB dan layar resolusi 320 x 480 piksel.

Tizen sendiri adalah sistem operasi yang berbasis Linux yang muncul setelah proyek MeeGo besutan Nokia dan Intel berhenti. Awalnya, Nokia menggandeng Intel untuk mengembangkan sistem operasi MeeGo, akan tetapi Nokia memutuskan untuk menghentikan proyek MeeGo dan kini diambil alih oleh Samsung dan berganti nama menjadi Tizen.

Seperti yang dilansir dari Liliputing (11/11/2013), smartphone dan tablet dengan sistem operasi Tizen OS 3.0 ini diharapkan mulai diperkenalkan pada tahun depan dan tersedia di pasar pada pertengahan tahun 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda