Scroll to Top

AMD APU Kaveri Diluncurkan 14 Januari 2014, Tawarkan Lompatan Performa

By Ditya / Published on Tuesday, 12 Nov 2013
AMD APU Kaveri
AMD APU Kaveri

AMD telah mengumumkan bahwa APU (Accelerated Processing Unit) Kaveri untuk desktop akan diluncurkan pada 14 Januari 2014 mendatang. Produsen prosesor x86 terbesar kedua di dunia ini mengumumkan kehadiran APU Kaveri di ajang konferensi pengembang yang disebut dengan APU13.

Berbeda dengan APU Richland yang mengusung basis prosesor yang sama dengan APU Trinity, yakni AMD Piledriver, APU Kaveri datang dengan arsitektur prosesor baru yang disebut dengan Steamroller yang dipadukan dengan grafis AMD Radeon HD yang menggunakan basis GCN (Graphics Core Next).

APU Kaveri ini adalah harapan AMD untuk dapat berkompetisi dengan Intel di sektor performa. Kaveri membawa performa tinggi dengan hadirnya HSA(Heterogenous System Architecture) yang memungkinkan akses memori secara bersama-sama oleh CPU dan GPU.

AMD juga mengungkapkan bahwa konfigurasi tertinggi dari APU Kaveri akan mengusung prosesor quad-core (2 modul) yang menggunakan arsitektur Steamroller yang dipadukan dengan pengolah grafis GCN yangh terdiri dari 8 CU atau sekitar 512 stream prosesor.

Berdasarkan informasi yang beredar, seri tertinggi dari APU Kaveri ini adalah A10-7850K yang mengusung prosesor quad-core berkecepatan 3,7GHz yang dipadukan dengan pengolah grafis 512 stream prosesor berkecepatan 720 MHz. Pengolah grafis APU Kaveri ini dikabarkan setara dengan kartu grafis AMD Radeon HD 7750.

Selain itu, AMD APU Kaveri ini juga telah mendukung teknologi terbaru AMD, yakni Mantle API (Application Programming Interface) dan TrueAudio untuk meningkatkan kemampuannya dalam memainkan game atau bekerja dengan aplikasi grafis.

Seperti yang dilansir dari Anandtech (11/11/2013), APU Kaveri ini adalah harapan AMD untuk dapat kembali bersaing dengan Intel dari sisi performa. Seperti yang kita ketahui, AMD akhir-akhir ini agak keteteran bersaing secara performa dengan Intel yang merupakan musuh bebuyutannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda