Scroll to Top

Pidato Bung Tomo 10 November 1945: Merdeka atau Mati

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 12 Nov 2013

Bung Tomo

Pidato Bung Tomo 10 November 1945, yang melegenda dengan pekikkan ‘Merdeka atau Mati’ menjadi pemompa semangat arek-arek Surabaya tatkala melawan tentara sekutu Inggris di kota Pahlawan. Hingga hari ini moment tersebut masih membekas dan jadi penggenjot rasa nasionalisme.

Tiap Hari Pahlawan yang diperingati tanggal 10 November, pidato Bung Tomo mengingatkan kita bagaimana gigihnya pejuang masa revolusi dalam mempertahankan kemerdekaan. Mereka tak takut dan terus berjuang meski hanya mengandalkan amunisi senjata seadanya.

Tua, muda, tentara, sipil, smeuanya bersatu. Pekikkak ‘Merdeka atau Mati’ Bung Tomo membakar semangat dan keberanian mereka. Meski kalah jumlah dan amunisi, arek-arek Surabaya tak takut dan gentar untuk memukul mundur tentara sekutu (Inggris).

Berikut cuplikan ringkas Pidato Bung Tomo ‘Merdeka atau Mati’ berdasar dari sumber video yang sempat mengabadikan moment bersejarah tersebut:

“Bismillahirrahmanirrahim”.

“Merdeka!”.

“Saudara-saudara rakyat jelata di seluruh Indonesia, terutama, saudara-saudara penduduk kota Surabaya. Kita semuanya telah mengetahui bahwa hari ini tentara Inggris telah menyebarkan pamflet-pamflet yang memberikan suatu ancaman kepada kita semua. Kita diwajibkan untuk dalam waktu yang mereka tentukan, menyerahkan senjata-senjata yang kita rebut dari tentara Jepang”.

“Mereka telah minta supaya kita datang pada mereka itu dengan mengangkat tangan. Mereka telah minta supaya kita semua datang kepada mereka itu dengan membawa bendera putih tanda menyerah kepada mereka”.

Untuk pidato lengkapnya, sila simak video Youtube Pidato Bung Tomo 10 November 1945 “Merdeka atau Mati” di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda