Scroll to Top

50% Pengguna Twitter adalah Akun Tak Aktif

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 12 Nov 2013

Twitter Logo

Dalam sehari, Twitter mampu alirkan sekitar 500 juta tweet dari 218 juta pengguna aktif mereka. Namun tahukah Anda jika hanya setengah dari jumlah tersebut yang benar-benar berkicau?

Dikutip dari All Twitter, pada awal bulan Oktober lalu Twitter umumkan jika microblogging ini memiliki sekitar 218 juta active users. Memang jumlah yang cukup banyak namun masih kalah jauh dari Facebook dengan 1,19 miliar pengguna aktif.

Namun menurut perusahaan analisis pihak ketiga PeerResearch, jumlah pengguna aktif tersebut tidak sebanyak yang Twitter klaim. Perusahaan analisis tersebut menemukan data lain selama bulan Oktober.

Bulan lalu Twitter alami pertumbuhan pengguna sekitar 14 juta hingga mencapai angka 232 juta. Ini berarti ada sekitar 232 juta orang login ke Twitter tiap bulannya. Namun, PeerResearch setelah meneliti lebih lanjut hanya menemukan 117 juta pengguna aktif yang login ke Twitter per bulannya.

Dengan kata lain hanya ada setengah dari pengguna aktif Twitter bulanan yang benar-benar login dan berkicau di Twitter. Sedangkan pengguna lain tak lakukan aktivitas sama sekali termasuk nge-tweet.

Menurut PeerResearch, pengguna non aktif tersebut mungkin hanya ‘menikmati’ apa yang ada di Twitter. Seperti membaca kicauan di linimasa, mencari tahu apa yang sedang populer (trending topic), atau hanya sekadar login tanpa melakukan apa-apa.

Data lain dari PeerResearch yakni perusahaan tersebut mencatat jika Twitter hampir menyentuh 1 miliar pengguna terdaftar di angka 904 juta pada bulan Oktober. Mengigat jika hanya sekitar 25% dari jumlah tersebut yang login per bulannya, nampaknya Twitter mempunyai masalah serius yang harus segera diatasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda