Scroll to Top

Youtube Upgrade Sistem Komentar dan Terintegrasi Google+

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 12 Nov 2013

Youtube Komentar

Bulan September lalu Youtube sempat umumkan adanya rencana untuk memutakhirkan sistem komentar yang ada selama ini. Beberapa hari lalu, rencana tersebut terealisasi. Kini sistem komentar di Youtube telah di-upgrade dan terhubung dengan Google Plus.

Lantas apa yang baru? Jika Anda membuka Youtube dan melihat sistem komentar yang ada, kini nampak lebih rapi dengan format baru untuk thread replies. Youtube juga berikan notifikasi ke pengguna jika perubahan telah dilakukan.

Setidaknya ada empat perubahan di sistem komentar Youtube:

  • Sorting komentar yang lebih baik.
  • Format baru thread yang lebih mudah untuk melihat balasan komentar.
  • Komentar akan muncul di dua lokasi; Youtube dan Google Plus.
  • Kemudahan moderasi bagi pemilik video dalam mengorganisir komentar.

Selain itu pengguna juga disiapkan tombol ‘satpam’ bilamana mendapati adanya spamer atau pengguna yang tuliskan kata-kata tak pantas (abuser). Sedangkan pemilik video disiapkan tool khusus untuk memoderasi komentar langsung di laman tersebut.

Akan tetapi sistem komentar baru Youtube ini tidak sepenuhnya mendapat dukungan dari kalangan intern. Jawed Karim, salah satu pendiri Youtube misalnya sempat keheranan dengan sikap Google.

“Mengapa saya harus miliki akun Google Plus untuk berkomentar ke Youtube,” tulisnya di laman Youtube.

Apa yang dilakukan Google sejatinya merupakan bagian dari rencana mereka untuk sistem single login; ‘satu akun untuk semua’. Satu akun Google bisa dipakai untuk segala jenis layanan Google mulai Gmail, Drive, Google Plus, Calender, dan tentu saja Youtube.

[youtube width=”600″ height=”300″]bVGp8Z8Yb28[/youtube]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda