Scroll to Top

Indonesia Berpeluang Jadi Tuan Rumah AFF Cup 2016

By Agus Prasetyo / Published on Tuesday, 12 Nov 2013

Indonesia berpeluang untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala AFF pada tahun 2016. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono. Pria yang akrab disapa Jokdri itu juga mengungkapkan akan ada dua perubahan penting dalam perhelatan Piala AFF 2016.

Perubahan tersebut meliputi mekanisme pemilihan tuan rumah dan jumlah negara yang akan mendapatkan jatah lolos otomatis.

“Untuk format yang sekarang terjadi enam tim otomatis lolos ke putaran final, serta dua sisanya mengikuti kualifikasi”

“Nanti pada 2016 tujuh langsung lolos dan hanya satu kualifikasi” ungkap Joko Driyono di Kantor PSSI Jakarta, Selasa (12/11/13).

Sementara perubahan lainnya adalah format penentuan tuan rumah. Menurut Joko tuan rumah pada Piala AFF 2016 akan mengedepankan aspek technical dan commercial, tidak hanya secara singkat melalui forum meeting.

“Selama ini AFF hanya merotasi tuan rumah secara bergiliran, tapi pada 2016 akan menggunakan mekanisme undian yang professional” tambah Joko Driyono.

Dalam kesempatan itu Jokdri juga mengatakan jika Indonesia merupakan salah satu kandidat tuan rumah, bersaing dengan Myanmar dan Filipina.

Joko berharap nantinya Indonesia dapat memenangkan undian dan menjadi tuan rumah Piala AFF 2016.

Piala AFF merupakan ajang yang dilangsungkan setiap dua tahun sekali. Kejuaraan ini menggunakan format setengah kompetisi, berisi delapan negara yang terbagi menjadi dua grup.

Di fase grup turnamen menggunakan sistem home turnament, yakni ada salah satu negara di dalam grup yang bertindak sebagai tuan rumah dan seluruh pertandingan dilangsungkan di negara tersebut.

Namun ketika telah memasuki babak semifinal dan final, turnamen menerapkan sistem kandang dan tandang. Dan pada turnamen Piala AFF 2014, dipastikan akan digelar di Vietnam dan Singapura.

Hal tersebut diungkapkan oleh deputi presiden FA Malaysia dan wakil presiden AFC, Duli Yang Teramat Mulia Tengku Abdullah ibni Sultan Ahmad Shah.

“Kompetisi akan digelar di Vietnam dan Singapura” ungkap Tengku Abdullah beberapa waktu lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda