Scroll to Top

Nicky Hayden Reunian dengan Honda Sejak Pisah Tahun 2008

By Naqib Najah / Published on Tuesday, 12 Nov 2013

Nicky Hayden menjadi salah satu rider yang mengalami episode perpisahan di seri terakhir MotoGP 2013. Hayden yang tahun ini membela Ducati bereuni dengan Honda sejak perpisah pada tahun 2008.

Masa kebersamaan Hayden dengan Ducati sudah berakhir. Masuknya Cal Crutchlow secara tidak langsung menggeser posisi Hayden dari tim asal Italia ini. Namun justru dari perpisahan ini Hayden kembali ke pelukan Honda.

Nama Hayden bagi Honda memang bukan sosok baru lagi. Tahun 2003 silam, setelah menjuarai American Motorsport Associaation Superbike pada tahun 2002, Hayden akhirnya bisa mencicipi ajang MotoGP. Di tahun itu, Hayden langsung dipinang oleh Honda. Tahun 2006, kebersamaan Hayden dengan Honda semakin hangat. Rider asal Amerika ini menjuarai kompetisi balap kelas utama pada tahun 2006. Sayang, dua tahun setelahnya Hayden harus pindah dari Honda menuju Ducati.

Untuk kompetisi 2014 nanti, Hayden kembali dengan sentuhan mesin Honda. Kamis 17 Oktober 2013 silam, Hayden membuat langkah besar dengan menjalin kerjasama bareng tim Aspar. Semula, tim ini menggunakan protoipe mesin CRT. Namun untuk musim depan Honda akan mensupportnya di sektor mesin.

Nicky Hayden tes di Valencia dengan Honda Aspar

Musim depan Hayden akan mengendarai motor Honda dengan tipe RCV1000R didampingi Aspar sebagai timnya. Hari ini, Selasa (11/11/13), Hayden sudah melakukan pengujian bersama tim barunya. Hayden menyelesaikan 36 lap.

Prestasi Hayden di lintasan balap sejak bergabung dengan Ducati memang kurang membanggakan. Seperti dilansir Crash, lima tahun kebersamaannya dengan Ducati hanya menghasilkan tiga podium. Sementara Aspar dengan dukungan mesin Aprilia meraih sukses tahun ini. Aspar menjadi juara kelas prototipe CRT, di mana Aleix Espargaro sebagai rider-nya.

Nicky Hayden Honda 2006

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda