Scroll to Top

Ada Sistem Operasi Tersembunyi di Smartphone Anda

By Ditya / Published on Wednesday, 13 Nov 2013

RTOS

Tak banyak orang yang tahu bahwa ada sistem operasi tersembunyi yang terdapat di smartphone yang kita gunakan. Selama ini kita hanya tahu bahwa smartphone yang ada saat ini menggunakan sistem operasi Android, Windows Phone, Tizen, BlackBerry atau Symbian. Namun, ada sistem operasi lain yang tersembunyi dan bekerja di dalam smartphone kita, sistem operasi apa itu? Simak ulasan berikut ini.

Sistem operasi tersembunyi yang ada di setiap smartphone adalah sistem operasi yang berjalan di dalam firmware atau prosesor baseband. Salah satu sistem operasi baseband yang paling banyak diketahui adalah RTOS baseband.

Sistem operasi RTOS baseband ini ditanam di prosesor baseband. Salah satu RTOS baseband yang tertanam di Qualcomm MSM6280 disebut AMSS yang sepenuhnya bersifat proprietary yang dibuat dengan menggunakan kernel REX dan menangani lebih dari 69 tugas secara bersamaan, termasuk fungsi USB hingga GPS. Sistem operasi tersebut menggunakan prosesor ARMv5.

Berbeda dengan sistem operasi Android yang bersifat open-source yang memungkinkan pengembang untuk melihat kode sumber, RTOS ini bersifat tertutup atau proprietary sehingga kode sumbernya tak bisa dilihat oleh umum. Meski demikian, hal ini tidak menjamin keamanan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Ralf-Phillipp Weinmann dari University of Luxembourg yang telah melakukan reverse engineering pada sistem operasi baseband milik Qualcomm dan Infeneon, ditemukan banyak bug dan celah keamanan yang memungkinkan penyerang untuk mengeksploitasi perangkat milik pengguna.

Seperti yang dilansir dari OSnews (12/11/2013), sejauh ini memang belum ditemukan kasus serangan yang memanfaatkan celah kemanan yang terdapat pada RTOS atau sistem operasi baseband. Namun, celah kemanan dan bug yang ditemukan tersebut sangat memungkinkan hal tersebut.

Apa yang terjadi atau yang dapat dilakukan bila penyerang memanfaatkan celah keamanan pada RTOS ini? Penyerang dapat melakukan panggilan, pengiriman pesan, menggunakan fungsi kamera, dan bahkan mengendalikan smartphone dari jarak jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda