Scroll to Top

Alasan Pemenang Miss Universe Banyak yang Berasal dari Venezuela

By Ika / Published on Wednesday, 13 Nov 2013

Gabriela Isler

Miss Universe 2013 lagi-lagi dimenangkan oleh kontestan asal Venezuela, Maria Gabriela Isler. Sebelum Gabriela, sudah ada 6 gadis cantik asal Venezuela yang berhasil merebut mahkota Miss Universe. Jadi, apa rahasianya hingga Venezuela cukup sering memenangkan ajang Miss Universe?

Kontes kecantikan rupanya sudah menjadi salah satu budaya terbesar dan ditekuni dengan sangat serius di Amerika Latin, khususnya Venezuela. Hal ini sama halnya dengan olahraga sepak bola yang sangat populer di benua Eropa atau di Brasil dan Argentina, sehingga negara-negara tersebut cukup sering menjadi pemenang dalam Piala Dunia.

Professor Belinda Edmondson dari Rutgers University pernah menerbitkan sebuah makalah akademis yang mengangkat masalah kontes kecantikan.

“Di wilayah-wilayah Karibia dan Amerika Latin yang terobsesi dengan kontes kecantikan, kesempatan seorang kontestan untuk memenangkan kontes kecantikan nasional berhubungan langsung dengan persepsi bahwa ia akan memenangkan kontes berskala internasional seperti Miss World atau Miss Universe.”

Dari paper yang ditulis Prof.Belinda tersebut kita mengetahui bahwa gadis-gadis di sana memang sudah dididik dan dilatih secara ketat untuk menjadi wanita ‘sempurna’ demi memenangkan kontes kecantikan.

Obsesi untuk memenangkan hal yang besar seolah menjadi pemicu para gadis-gadis cantik ini dalam bersaing. Di Venezuela sendiri, kontes seperti ini tentu bukanlah sesuatu yang sepele.

“Mereka (Venezuela) sangat serius menangani kontes kecantikan. Ini adalah masalah besar, ribuan gadis berkompetisi, dan mereka semua selalu sengit dalam bersaing,” ujar sebuah sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda