Scroll to Top

BlackBerry OS 10.2.1 Izinkan Pengguna Install Aplikasi Android?

By Ditya / Published on Wednesday, 13 Nov 2013
Netflix Android
Aplikasi Netflix Android Terinstal di BlackBerry 10

Update terbaru sistem operasi BlackBerry 10, yakni BlackBerry OS 10.2.1 dikabarkan akan mengizinkan pengguna untuk menginstal aplikasi milik Android yang menggunakan ekstensi APK. Hal ini diperkuat dengan munculnya screenshot yang menampilkan Google Play Store berjalan di smartphone BlackBerry Z10.

Selama ini memang sistem operasi BlackBerry OS 10 ini memiliki runtime Android di dalamnya, sehingga memungkinkan untuk menjalankan aplikasi Android di sistem operasi besutan perusahaan asal Kanada tersebut. Namun, selama ini BlackBerry OS 10 membatasi kemampuan tersebut.

Selama ini, BlackBerry menggandeng para pengembang aplikasi untuk mengonversi aplikasi Android mereka untuk BlackBerry OS 10 dan dimasukkan ke toko aplikasi BlackBerry World. Itulah satu-satunya cara bagi pengguna BlackBerry OS 10 untuk menjalankan aplikasi Android.

Namun, sebuah bocoran sistem operasi BlackBerry OS 10.2.1 menunjukkan bahwa pengguna akan diijinkan menginstal aplikasi Android APK dari sumber manapun tanpa harus melibatkan pengembang seperti cara di atas. Ini berarti pengguna perangkat dengan sistem operasi BlackBerry OS 10.2.1 akan bebas mengunduh APK dan menginstal aplikasi Android laiknya perangkat Android.

Meski demikian, kemampuan untuk menginstal apliksi Android di BlackBerry OS 10.2.1 ini belum mendapat konfirmasi resmi dari BlackBerry. BlackBerry OS 10.2.1 sendiri menawarkan beberapa fitur baru, sebu saja tampilan antarmuka musik yang baru, picture lock password, custom contact notifications, dan banyak lagi.

Seperti yang dilansir dari Liliputing (12/11/2013), jika kabar ini benar, maka pengguna perangkat BlackBerry OS 10.2.1 ini dapat menginstal aplikasi Android laiknya perangkat dengan sistem operasi Android. Namun, hal ini dikabarkan memiliki risiko kompatibilitas dan data pada smartphone BB10.

Sampai saat ini, tak ada informasi resmi dari BlackBerry mengenai kapan update sistem operasi BlackBerry OS 10.2.1 ini dirilis ke pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda