Scroll to Top

Gmail Izinkan Pengguna Simpan Attachment Langsung ke Google Drive

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 13 Nov 2013

Gmail

Kabar gembira bagi pengguna Gmail dan Google Drive. Google telah rilis fitur baru di kedua layanan tersebut yakni memungkinkan peyimpanan lampiran Gmail langsung ke Google Drive.

Sebelumnya antara Gmail dan Google Drive memang telah terhubung. Pengguna bisa menambahkan attachment langsung dari Google Drive sehingga tak perlu susah-susah mengunggahnya.

Proses unduh dan unggah memang memakan waktu. Google menyadari akan hal itu. Setelah merilis fitur unggah lampiran via Google Drive kini mereka rilis simpan (unduh) attachment via Google Drive.

Untuk saat ini layanan tersebut hanya hadir via desktop atau di Gmail versi web. Google menyebut pemutakhiran ini selain menghemat waktu namun juga menghemat ‘ruang’.

“Mengunduh lampiran tak hanya membutuhkan waktu namun memakan ‘ruang’ dan umumnya terkubur di folder download. Update ini memungkinkan pengguna mentiadakan keduanya,” tulis Google di Google Drive Blog.

Penyimpanan langsung via Google Drive ini juga tak harus meninggalkan laman Gmail yang sedang dibuka. Pengguna tinggal menklik ikon Google Drive yang muncul di sebelah tombol download di email yang tersemat lampiran.

Lantas, jenis berkas apa saja yang mendukung penyimpanan langsung via Google Drive? Google menyebut jika jenis file yang berlaku mencakup berkas dokumen. Seperti foto, video, spreadsheet, dokumen (word), serta PDF.

Yang lebih menariknya lagi pengguna bisa melihat pratampil dokumen sebelum lakukan proses penyimpanan ke Google Drive. Akan muncul pratinjaunya secara full screen sebelum putuskan untuk mengunduh atau meneruskan ke Google Drive. Sedangkan pemutakhiran Gmail versi web ini akan segera dilakukan secara global dalam beberapa pekan ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda