Scroll to Top

Pemain Timnas U19 Mengalami Penurunan VO2 Max

By Agus Prasetyo / Published on Wednesday, 13 Nov 2013

muchlis hadi timnas indonesia u19 latihan

Para pemain Timnas Indonesia U19 mengalami penurunan VO2 Max berdasarkan hasil tes fisik yang dilakukan saat pemusatan latihan di Kota Batu Jawa Timur. Lantas apakah faktor yang menyebabkan Evan Dimas Cs mengalami penuruan VO2 Max tersebut?

Ketika dimintai konfirmasinya dokter Timnas U-19, Alfan Nur Ashar mengatakan jika level VO2 Max para pemain Garuda Muda kini hanya 50 hingga 55. Sebelumnya VO2 Max Garuda Jaya berada di kisaran 55 hingga 59,44.

Penurunan VO2 Max yang dialami oleh Evan Dimas, menjadi hal yang paling mencolok. Kapten Garuda Muda ini mengalami penurunan dari 59,44 menjadi 55. Meski mengalami penurunan, namun nilai VO2 Max Evan Dimas masih paling tinggi di antara pemain lainnya.

“Paling tinggi tetap Evan Dimas, nilainya 55. Saya kurang hafal siapa-siapa saja yang paling tinggi dan rendah. Tapi yang pasti kisarannya ada di antara 50 hingga 55” ungkap Alfan.

Alfan juga mengatakan jika penurunan itu bisa disebabkan beberapa faktor. Pertama sesi tes fisik yang dilakukan di Kota Batu, ternyata lebih banyak dari pemusatan latihan di Yogyakarta sebelum Piala AFF U-19 September lalu.

Kedua para pemain melakoni kompetisi dengan tensi yang tinggi yakni AFF U-19 dan kualifikasi Piala Asia U-19 pada Oktober lalu. Alfan juga menyebut kalau skuat Garuda Muda kelelahan.

“Itulah faktor-faktor yang menyebabkan nilai VO2 Max mereka sedikit menurun. Kelelahan jadi hal yang utama. Namun melalui beberapa tes yang akan dilakukan beberapa hari ke depan, kondisi fisik mereka pasti akan meningkat lagi” pungkas Alfan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda