Scroll to Top

Catatan Rekor Marc Marquez Sepanjang MotoGP 2013

By Naqib Najah / Published on Thursday, 14 Nov 2013

Marc Marquez meraih segalanya di MotoGP 2013 ini. Tidak hanya mengunci gelar juara, namun ia juga meraih pujian lantaran catatan rekornya yang cukup fantastis. Situs resmi MotoGP melansir fakta-fakta yang terjadi pada karir balap Marc Marquez sepanjang kompetisi tahun ini. Apa saja? Berikut ulasannya.

  • Rookie yang memenangi gelar kelas utama

Catatan ini sudah sering dibahas sebelumnya. Marc Marquez menjadi juara dunia di musim perdananya di MotoGP. Hasil ini sekaligus menyamai prestasi Kenny Roberts yang juga menjuarai kelas utama dengan status rookie pada tahun 1978.

  • Pembalap termuda yang meraih gelar juara dunia

Saat mengakhiri balapan di Valencia di posisi ketiga, yang sekaligus membawanya meraih gelar juara dunia, usia Marc Marquez baru menginjak 20 tahun 266 hari Marquez. Rekor ini mengalahkan catatan Freddie Spencer. Rider Honda ini yang meraih gelar juara di usia 21 tahun 258 hari pada tahun 1983.

  • Meraih gelar juara di tiga kategori berbeda

Jarang ada pembalap yang bisa meraih gelar juara dunia di tiga kategori berbeda. Namun Marc Marquez membuktikan hal ini dan membawanya namanya sejajar dengan Mike Hailwood, Phil Read dan Valentino Rossi. Ia rider keempat yang meraih gelar juara di tiga kategori berbeda dalam 65 tahun sejarah MotoGP.

  • Pembalap termuda yang bisa naik ke podium

Rekor ini ia catatkan saat MotoGP seri Losail, Qatar. Rekor ini membawa Marquez bersanding dengan tiga pembalap lain yang juga menjadi pembalap termuda yang meraih podium di kelas primer, yakni Randy Mamola, Eduardo Salatino, dan Norick Abe.

  • Pembalap termuda yang meraih podium utama

Saat gelaran MotoGP di Austin, Amerika, usia Marc Marquez menginjak 20 tahun 63 hari. Di saat yang bersamaan, ia memenang MotoGP seri Amerika itu. Ia pun menjadi pembalap termuda yang memenangi podium utama di kelas primer, melewati catatan Freddie Spencer saat balapan kelas utama masih menggunakan regulasi 500 cc. Spencer meraih catatan itu di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia 1982 dengan catatan usia 20 tahun 196 hari.

  • Pembalap termuda yang meraih pole position

Austin membawa Marquez melambung ke atas langit. Di seri ini, ia menjadi pembalap termuda (20 tahun 62 hari) yang meraih pole position di kelas utama. Namanya lagi-lagi disandingkan dengan Freddie Spencer yang mencatatkan dirinya di prestasi ini pada usia 20 tahun 153 hari saat balapan digelar di Jarama pada 1982.

  • Pembalap termuda yang memimpin klasemen

Naik podium dua kali di dua seri pertamanya, Marc Marquez langsung memimpin klasemen sementara bersama Jorge Lorenzo. Ia pun menjadi pembalap termuda yang mampu meraih posisi puncak klasemen di kelas utama.

  • Pembalap termuda yang naik poidum tiga seri berturut-turut

Saat MotoGP digelar di Spanyol, usia Marc Marquez baru menginjak 20 tahun 77 hari. Ia kembali naik podium di seri tersebut, sekaligus menandai tiga podiumnya berturut-turut. Lebih fantastisnya lagi, rekor ini melewati prestasi Jorge Lorenzo yang juga pernah meraihnya pada usia 20 tahun 345 hari pada tahun 2008.

Prestasi Marc Marquez di ajang MotoGP 2013 masih banyak lagi. Seperti pembalap kedua yang bisa meraih empat podium berturut-turut dalam empat seri pertamanya di kelas utama, dst.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda