Scroll to Top

Samsung Galaxy Ace 3 vs Xperia M, Mana yang Lebih Unggul?

By Ditya / Published on Thursday, 14 Nov 2013
Samsung Galaxy Ace 3 vs Xperia M
Samsung Galaxy Ace 3 vs Xperia M

Samsung baru saja meluncurkan smartphone Galaxy Ace 3 yang membidik pasar kelas menengah di bawah Galaxy Core. Samsung Galaxy Ace 3 ini dijual dengan harga Rp 2,2 juta dan kompetitor terdekatmnya adalah Xperia M yang dijual dengan harga Rp 2,5 juta. Lalu, mana yang lebih unggul antara Samsung Galaxy Ace 3 vs Sony Xperia M? Simak ulasan berikut ini.

Layar & Sistem Operasi

Samsung Galaxy Ace 3 dilengkapi dengan layar berukuran 4 inci touchscreen dengan resolusi WVGA 800 x 480 piksel berjenis TFT. Smartphone Galaxy Ace 3 ini menggunakan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean dengan sentuhan TouchWiz UI.

Sony membekali Xperia M ini dengan layar berukuran lebih kecil dari Galaxy Core, yakni 4 inci dengan resolusi FWVGA 480 x 854 piksel dan menggunakan sistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean. Layar Xperia M terlihat lebih tajam karena resolusi yang sedikit lebih tinggi.

Chipset & Prosesor

Galaxy Ace 3 ini ditenagai chipset dari Broadcom BCM21664 yang mengusung prosesor dual-core ARM Cortex-A9 dengan kecepatan 1GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB dan grafis handal dari Broadcom VideoCore IV.

Xperia M ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon MSM8227 yang mengusung prosesor dual-core Krait 200 dengan kecepatan 1GHz yang dipadukan dengan pengolah grafis dari Adreno 305 dan memori RAM sebesar 1GB. Xperia M lebih unggul dari Galaxy Ace 3 di sektor ini.

Kamera & Baterai

Samsung membekali Galaxy Ace 3 ini dengan kamera belakang resolusi 5 megapiksel dilengkapi autofokus dan LED flash, serta kamera depan VGA. Baterai Galaxy Ace 3 lebih kecil kapasitasnya, yakni 1500mAh.

Xperia M mengusung resolusi 5 megapiksel dengan sensor Exmor RS, kemampuan autofokus, LED flash untuk memotret di tempat yang kurang cahaya, dan memiliki kamera depan VGA. Smartphone ini dibekali baterai 1750mAh.

Konektivitas & Memori

Galaxy Ace 3 mengandalkan konektivitas Bluetooth, WiFi, NFC, dan GPS. Samsung Galaxy Ace 3 dilengkapi memori internal sebesar 4GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Xperia M dibekali memori internal sebesar 4GB yang dilengkapi dengan slot microSD. Sektor konektivitas, Xperia M ini dilengkapi dengan Bluetooth 4.0, DLNA, NFC, GPS, One-touch Screen Mirroring, dan WiFi.

Kesimpulan

Secara umum, Xperia M lebih unggul dari Samsung Galaxy Ace 3. Hal ini wajar mengingat harga Xperia M ini Rp 300 ribu lebih mahal dari Galaxy Ace 3. Salah satu kelebihan Samsung Galaxy Ace 3 adalah sistem operasi Android yang digunakan lebih baru (Android 4.2) dari Xperia M (Android 4.1.2).

Lalu pilih mana, Xperia M atau Galaxy Ace 3? Jika memiliki dana lebih, Xperia M adalah pilihan tepat. Jika dana terbatas, Galaxy Ace 3 bisa jadi pilihan. Sesuaikan pilihan dengan kebutuhan dan selera Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda