Scroll to Top

AMD APU Beema & Mullins, Senjata Baru untuk Pasar Mobile

By Ditya / Published on Thursday, 14 Nov 2013

AMD

Setelah mengungkapkan tanggal rilis APU (Accelerated Processing Unit) Kaveri, Advanced Micro Device atau AMD secara resmi memperkenalkan APU Beema dan Mullins yang merupakan senjata baru untuk pasar mobile. Kehadiran APU Beema dan Mullins ini akan menggantikan APU Kabini dan Temash.

Kehadiran APU Beema dan Mullins ini merupakan jawaban AMD atas kehadiran pasukan Intel Atom generasi Bay Trail yang diluncurkan beberapa waktu lalu. AMD APU Beema dan Mullins ini akan menjadi pesaing ketat Intel Atom generasi baru dari sisi kinerja dan konsumsi daya.

AMD menjanjikan peningkatan performance per watt hingga dua kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya. Baik APU Beema maupun Mullins menggunakan prosesor Puma yang merupakan penerus dari Jaguar yang digunakan pada APU Kabini dan Temash.

APU Beema

APU Beema adalah penerus dari APU Kabini yang telah diluncurkan AMD beberapa waktu lalu. Apa yang ditawarkan oleh APU Beema? APU Beema akan mengusung prosesor dual-core atau quad-core “Puma” yang dipadukan dengan pengolah grafis dengan arsitektur GCN (Graphics Core Next).

APU Beema ini diproduksi dengan teknologi 28nm dengan konsumsi daya antara 10W hingga 25W. Tak hanya itu, APU Beema juga dilengkapi dengan AMD Secuity Processor yang tidak ditemui di APU Kabini.

APU Mullins

Sedangkan APU Mullins ini diplot untuk meneruskan kesuksesan APU Temash. APU Mullins akan mengusung prosesor dual-core atau quad-core “Puma” yang dipadukan dengan pengolah grafis dengan arsitektur GCN, sama dengan APU Beema.

APU Mullins ini diproduksi dengan teknologi 28nm dengan konsumsi daya 2W SDP (Scenario Design Power). Tak hanya itu, APU Mullins juga dilengkapi dengan AMD Secuity Processor yang tidak ditemui di APU Temash.

Seperti yang dilansir dari Anandtech (13/11/2013), produk yang ditenagai oleh APU Beema dan Mullins ini diperkirakan akan mulai hadir di pasar pada 2014 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda