Scroll to Top

Perlukah Percaya Ramalan Jodoh Menurut Nama dan Tanggal Lahir?

By C Novita / Published on Thursday, 14 Nov 2013

ramalan jodoh

Anda pernah mengetahui kebiasaan kaum sepuh atau orang tua yang masih bersandar pada kepercayaan tradisional Jawa, bahwa kebahagiaan sebuah rumah tangga bisa ditentukan dari jumlah tanggal lahir pasangan atau neptu? Ada pula beberapa ramalan jodoh yang menggunakan jumlah nama kedua pasangan untuk melihat seberapa cocoknya mereka, bukan?

Padahal, kita semua pastinya sudah yakin dan percaya bahwa masalah jodoh, mati, lahir serta rejeki adalah urusan Allah, dan menjadi rahasia-Nya yang mutlak. Tak ada satu makhluk pun yang tahu apa dan bagaimana rahasia takdir tersebut. Bahkan Nabi sendiri pun tak mengetahui takdirnya, melainkan apa yang diberitahukan oleh Allah melalui wahyu kepada Nabi.

Namun yang mengherankan, mengapakah masih saja ada yang mempercayai berbagai ramalan menurut nama serta tanggal lahir kedua pasangan tersebut, ya?

Seolah-olah bila jumlah angka yang diramalkan tersebut baik, maka sudah pasti jalan hidup kedua pasangan tersebut pasti akan baik hingga kakek nenek. Atau bila hasil penjumlahan yang dihasilkan angka-angka ramalan tersebut buruk, maka akan buruk pula nasib kedua pasangan hingga seterusnya.

Tak masuk akal, bukan? Bagaimana mungkin jodoh seseorang beserta nasib baik dan buruk kehidupan pernikahannya hanya ditentukan dari sebuah utak atik angka belaka? Dimana logikanya?

Allah yang menentukan jalan hidup seseorang. Siapa jodohnya, bagaimana bertemunya, berapa lama mereka berjodoh, baik atau burukkah kehidupan mereka nantinya, serta berbagai hal lain yang ada di muka Bumi ini adalah ketentuan Allah semata, sebab salah satu sifat Allah adalah Al-Muqtadir, Yang Maha Menentukan.

Nah, masihkah kita manusia, percaya pada ramalan jodoh menurut nama atau tanggal lahir atau berbagai hal lainnya yang hanya buatan manusia belaka? Sebaiknya tidak, ya. Sebab itu sudah termasuk perbuatan syirik atau mempersekutukan Allah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda