Scroll to Top

Snapchat Tolak Akuisisi Facebook Senilai Rp 34 Triliun

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 14 Nov 2013

Snapchat

Snapchat dikabarkan The Wall Street Journal telah menolak tawaran Facebook untuk aksi akuisisi. Padahal, angka yang disodorkan tidaklah sedikit. Untuk merayu Snapchat, Facebook siap rogoh kantongnya hingga Rp 34 triliun.

Angka di atas sama dengan tiga kali harga Instagram. Angka USD 3 miliar juga sama dengan tiga kali harga akuisisi Tumblr (Yahoo!) dan Waze (Google). Mengapa Snapchat mengacuhkan Facebook?

Patut diketahui jika angka USD 3 miliar adalah penawaran kedua. Bussines Insider menulis jika Evan Spiegel, bos Snapchat pernah disodori harga USD 1 miliar (Rp 11 triliun). Namun, ia menampiknya.

Facebook pun menaikkan tawaran hingga tiga kali lipat. Dari Rp 11 triliun menjadi Rp 34 triliun. Lagi-lagi, Evan Spiegel tak bergeming. Apakah harga tersebut pantas untuk Snapchat?

Bagi yang baru pertama kali mendengar Snapchat, adalah aplikasi pesan instan foto (iOS) yang sangat mengandalkan unsur privasi. Foto yang dikirim via Snapchat bisa ‘hancur’ sekian detik setelah dilihat penerima.

Nama Snapchat sempat moncer beberapa waktu lalu akibat fiturnya ini. Bahkan, Facebook pun menkloning aplikasi tersebut dan mereka beri nama Facebook Poke.

Semenjak Facebook tunjukkan ketertarikan pada Snapchat, nilai perusahaan ini terus melonjak. Bahkan, sejak bulan Juni lalu nilai jual perusahaan mereka sudah menyentuh angka USD 800 juta.

Baik Facebook dan Snapchat sepakat bungkam dan tak ada keterangan resmi terkait rumor di atas. Namun yang jelas, Facebook harus gigit jari sekali lagi.

Sebab, ini bukan kali pertama mereka gagal menawar perusahaan dengan rayuan dana miliaran dolar. Tengok apa yang terjadi dengan Waze yang kini telah merapat ke Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda