Scroll to Top

Berselingkuh Bisa Kena Denda Rp 1,5 Juta di Vietnam

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 14 Nov 2013

selingkuh

Pelaku selingkuh di Vietnam patut merasa was-was. Di sana, baik pria maupun wanita yang memiliki pasangan “simpanan” bakal diganjar dengan denda sebesar 1 juta sampai 3 juta dong (mata uang Vietnam). Nilai tersebut setara dengan 500 ribu hingga 1,5 juta rupiah. Sanksi ini muncul setelah dirilisnya Dekrit No.110.  Kebijakan ini mulai berlaku 11 November 2013.

Di Vietnam kasus perselingkuhan telah menjadi penyakit sosial yang meresahkan. Akibat perbuatan terlarang itu, angka perceraian meningkat  tajam.Di samping itu, kejadian yang mengiringi ketahuannya seseorang berselingkuh adalah bunuh diri yang terjadi pada suami, istri, anak, atau keluarga terdekat.

Untuk mengatasi hal ini, negara mencoba melindungi pernikahan menjadi hubungan yang sehat. Aturan tersebut tidak hanya mengurusi skandal. Pernikahan yang dilakukan di Vietnam baru boleh dilakukan setelah mencapai batas umur tertentu. Jika melanggar bisa kena denda dengan jumlah yang sama seperti pasangan peselingkuh. Ganjaran lebih tinggi diberikan pada orang yang menikah hanya dengan tujuan mendapatkan paspor. Hukumannya bisa 10 sampai 20 tahun.

Dalam dekrit tersebut, sampai-sampai diatur agar masyarakat Vietnam yang telah menikah tidak sampai bercerai. Pasalnya, jika pasutri sampai bercerai karena ingin memiliki dua anak saja juga tetap kena denda.

Bagi sebagian pihak, aturan ini mungkin akan mendapat dukungan. Namun bagi orang kaya dan pejabat di Vietnam, mungkin harus lebih merahasiakan lagi urusan pribadinya. Sudah jamak diketahui di sana, orang kaya dan pejabat kerap memiliki selingkuhan. Istilah yang berkembang untuk selingkuhan adalah “tas jinjing”. Dan, berselingkuh dianggap sebagai tren untuk menunjukkan tingkat keberhasilan dan kejantanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda