Scroll to Top

Smssy, Nama Awal Twitter Sebelum Mendunia

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 14 Nov 2013

SMSSY

Tahukah Anda jika Twitter sebelum sepopuler hari ini sempat gunakan Smssy sebagai nama awal mereka? Mengapa Twitter memilih nama tersebut dan apa alasannya?

Kabar ini terkuak dari buku karya Nick Bilton yang bertajuk Hatching Twitter. Buku ini beberapa hari lalu juga sempat mengungkap ‘kebencian’ Mark Zuckerberg terhadap Twitter.

Menurut buku tersebut, pemilihan nama tersebut terjadi pada tahun 2006. Saat itu Jack Dorsey sedang memilah dan menimbang alternatif nama untuk microblogging-nya.

Selain Smssy, ternyata ada nama Twitch dan Friendstalker. Nama terakhir bahkan terdengar sangat mirip dengan Friendster, jejaring sosial yang kini telah menjelma jadi situs permainan sosial.

Nah dari ketiga nama di atas kemudian terpilih Smssy. Namun para founder Twitter tidak serta merta langsung memilih Smssy, mereka mempertimbangkan akan menggunakan nama tersebut.

Setelah sempat memutuskan untuk memilih Smssy, maka langkah selanjutnya yakni membuat logo. Dan Smssy miliki warna latar belakang hijau dengan teks berwarna putih.

Akan tetapi nama Smssy kemudian dinilai tidaklah cukup menjual. Selain itu menurut Biz Stone nama itu kurang bisa dieja. Alhasil maka dipilih nama TWTTR yang kemudian berevolusi jadi Twitter hingga hari ini.

Logo Twitter pun dulunya juga tak berbentuk ikon burung ‘congkak’ biru seperti sekarang. Hanya berupa tulisan berwarna putih dengan background warna merah. Sedangkan nama TWTTR kini jadi kode saham Twitter di NYSE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda