Scroll to Top

Integrasi Google+ di Komentar Youtube Menuai Reaksi Keras Pengguna

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 14 Nov 2013

Youtube

Youtube telah memutakhirkan sistem komentar di situsnya agar lebih mudah diorganisir dan dinikmati. Namun dengan mengintegrasikan ke Google+ nampaknya timbulkan polemik lain. Tidak sedikit pengguna Youtube yang bereaksi keras akan hal ini.

Bahkan, Jawed Karim, salah satu pendiri Youtube juga lakukan hal serupa. Ia heran dengan apa yang dilakukan Google dan tak percaya dengan apa yang terjadi.

“Mengapa saya harus miliki akun Google Plus untuk berkomentar ke Youtube,” ujarnya.

Setidaknya ada empat perubahan di sistem komentar Yotube; sorting komentar, format baru thread, komentar muncul di Goolge+ serta Youtube, dan kemudahan moderasi. Nah terkait dengan Google Plus ini pengguna urung menyukainya.

Salah satu keluhan yang diajukan yakni terkait pengguna anonim. Untuk berkomentar di Youtube yang membutuhkan akun Google, maka pengguna akan tertampil foto dan data diri mereka (nama asli). Meski foto dan data diri itu bisa saja palsu, namun bagi mereka yang kerap menggunakan identitas anonim tentu sangat tidak nyaman.

Google sendiri berpendapat jika apa yang mereka lalukan adalah demi kebaikan pengguna. Google ingin mengurangi aksi spam yang terus merajalela di fitur komentar. Ini juga termasuk komentar SARA, komentar mengandung tautan berbahaya, dan ‘ancaman lain.

Google bahkan juga suntikkan tombol ‘satpam’ di pemutakhiran ini. Namun nampaknya segala daya dan upaya yang dilakukan Google tak cukup banyak mendapat perhatian pengguna Youtube.

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=bVGp8Z8Yb28

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda