Scroll to Top

Merpati Nusantara Airlines Akan Mendapatkan Restrukturisasi Utang

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 14 Nov 2013

merpati

Posisi keuangan maskapai plat merah, Merpati Nusantara Airlines, sedang kritis saat ini. Operasional perusahaan yang dijalankan saat masih merugi. Utang-utangnya rencananya direstrukturisasi pemerintah dengan syarat harus bisa membuat rencana bisnis terbaru yang lebih menjanjikan. Ini berguna agar investor ada yang mau menanamkan saham di maskapai ini.

Dikutip situs Indo Aviation, semua utang yang dimiliki Merpati kemungkinan dijadikan dalam bentuk saham. Investor yang masuk, dapat langsung memiliki saham milik Merpati. Pembukuan yang dimiliki oleh maskapai ini juga telah bersih. Namun menteri BUMN, Dahlan Iskan, memberikan peringatan bahwa bisa jadi Merpati akan dileburkan ke dalam Garuda Indonesia jika belum ada investor yang berminat menanamkan modal.

“Misalnya tidak dapat partner, tapi bukunya sudah bersih, digabungkan ke Garuda pun masih oke, dan tidak membebani Garuda karena utangnya sudah dibersihkan,” kata Dahlan.

Utang yang dipunyai Merpati mendapai Rp 6,5 triliun. Agar utang ini “diputihkan” dan dikonversi ke saham, pekerjaan rumah Merpati juga mesti mencari calon investor. Sehingga, ketika Merpati mengajukan rencana bisnisnya juga sudah tercantum daftar calon investor atau mitra kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda