Scroll to Top

Menyembuhkan Sakit Pinggang dengan Cara Sederhana

By C Novita / Published on Friday, 15 Nov 2013

sakit pinggang

Sakit pinggang bisa diderita oleh siapa saja, tanpa memilih usia atau jenis kelamin penderitanya. Walau masih berusia muda, seseorang bisa saja mengalami sakit pada pinggang atau punggung bagian bawah. Pastinya hal tersebut akan mengganggu aktifitas keseharian penderita.

Dokter ahli mengatakan bahwa penyebab sakit pinggang bisa bermacam-macam, di antaranya stres, posisi tubuh yang salah, ergonomi buruk, juga kebiasaan tidur yang buruk. Bila dibiarkan, sakit pinggang bisa makin parah dan menyebabkan jaringan otot robek. Tentu Anda tak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Untuk menyembuhkan sakit pinggang tentu ada terapi dan obat tersendiri dari dokter. Namun untuk mencoba menyembuhkan secara sederhana, Anda bisa mencoba beberapa cara yang dilansir oleh Boldsky seperti ini:

  • Tidur nyenyak. Cobalah untuk tidur nyenyak saat malam hari. Ini adalah salah satu cara yang mudah untuk menyembuhkan sakit pinggang. Singkirkan semua gangguan yang bisa membuat Anda terbangun tengah malam, misalnya gadget. Tidur nyenyak bisa membantu penyembuhan otot yang cedera, dan radang sendi. Tempat tidur yang nyaman juga jadi kunci penyembuhan. Usahakan saat tidur posisi punggung lurus dan Anda tidak merasa sakit.
  • Vitamin. Vitamin B adalah vitamin yang harus Anda konsumsi bila terjadi sakit pinggang atau nyeri otot lainnya. Vitamin ini bisa memperbaiki sistem syaraf dan meningkatkan imunitas tubuh. Asam lemak omega 3 juga disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita sakit pinggang.
  • Fitness. Fitnes atau olahraga secara teratur akan membantu memperkuat otot tubuh Anda, termasuk otot perut dan pinggang serta punggung. Otot yang kuat tidak akan mudah cedera dan menderita sakit. Olahraga sederhana seperti jalan santai saja sudah bisa membantu memperkuat otot tubuh Anda, juga membuat relaks pikiran.
  • Pijat. Pijat untuk merilekskan otot tubuh juga baik sebagai pengurang sakit pinggang. Beruntung di Indonesia ada banyak sekali tempat pijat yang bisa ditemukan, bila Anda sedang cedera pinggang. Pilihlah terapis yang telah berpengalaman, dan Anda bisa merasa sehat kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda