Scroll to Top

Portugal vs Swedia, Bagaikan Memilih CR7 atau Ibra

By Naqib Najah / Published on Friday, 15 Nov 2013

Laga Portugal vs Swedia, Sabtu (16/11/13) dini hari nanti tak ubahnya duel antar dua pemain hebat. Kubu Portugal mempunyai Cristiano Ronaldo atau yang biasa disebut CR7, sementara Swedia menyimpan satu nama besar, Zlatan Ibrahimovic. Laga bertajuk play off ini seperti memilih, mau Piala Dunia bareng Cristiano Ronaldo atau Ibrahimovic?

Cristiano Ronaldo memang belum resmi menjadi pemain terbaik dunia tahun ini. Ia baru masuk sebagai kandidat peraih FIFA Ballon d’Or. Namun publik sudah tahu sejauh mana kelas Ronaldo di jagat sepak bola. Sebuah artikel menarik ditulis oleh Paul Macdonald & Robin Bairner dalam kolom editorial Goal International (14/11/13). Terjadi perdebatan antar kedua penulis antara memilih Piala Dunia dengan CR7 atau Ibrahimovic.

Mcdonald meninjau, Piala Dunia tanpa pemain terbaik dunia adalah hal yang percuma. Seorang mega bintang butuh turnamen ini untuk menguatkan identitas mereka di jagat sepak bola. Roberto Baggio yang menjadi pemain terbaik tahun 1993 turut andil dalam Piala Dunia 1994. Begitu pun Ronaldo yang ikut serta dalam Piala Dunia 2002. Popularitas lahir dari gelaran sepak bola terakbar bertajuk Piala Dunia.

Bagaimana jika gelaran di Brazil nanti tanpa Cristiano Ronaldo? Tentu menjadi pemandangan yang sangat aneh.

Di sisi lain, akan menjadi aneh juga jika mengesampingkan nama Zlatan Ibrahimovic dalam jagat sepak bola. Robin Bairner menilai, di usia Ibra yang sudah menginjak 32, Piala Dunia 2014 adalah kesempatan terakhir sang striker untuk menunjukkan kelasnya di ajang satu ini. Apa iya, ia justru menelan ludah dengan gagal tampil di Piala Dunia tahun depan?

Robin Bairner melanjutkan, hadirnya Ibra di atas lapangan menjadikan sepak bola ayaknya sirkus. Laga kontra Inggris contohnya, Ibra sukses mencetak gol yang cukup fantastis ke gawang Joe Hart. Ia pemain lincah dan menghibur, tutur Bairner. Lanjutnya:

“Ini mungkin menjadi kesempatan terakhir kita bisa melihat salah satu penghibur besar dalam sebuah permainan yang tak ubahnya panggung megah.”

Lalu siapa yang harus kita pilih? Yang pasti, leg pertama play off Piala Dunia 2014 di Estadio da Luz, Lisbon, Sabtu (16/11) nanti akan menjadi batu pijakan pertama bagi kedua pemain sebelum melangkahkan kaki ke gelaran di Brazil tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda