Scroll to Top

Contoh Lamaran Pekerjaan dan Daftar Riwayat Hidup (CV) dalam Bahasa Indonesia & Inggris

By Ibnu Azis / Published on Friday, 15 Nov 2013

Laptop Women

Alami kesulitan menulis surat lamaran dalam dwi bahasa? Berikut disajikan contoh lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup (CV) dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Surat lamaran pekerjaan berbeda posisinya dengan CV atau daftar riwayat hidup. Bisa dikatakan surat lamaran pekerjaan ditujukan untuk memberitahukan minat serta ketertarikan calon pekerja melamar di posisi yang tersedia atau lowong.

Sedangkan CV adalah rekam jejak. Apa yang pernah Anda lakukan (kerjakan), bagaimana pendidikan Anda, apa penghargaan yang telah dicapai, bagaimana pengalaman Anda, yang kesemuanya terekam secara klonologis dalam tahun per tahun.

Membuat surat lamaran pekerjaan tidak lah sulit sejatinya. Pernah mengirim surat konvensional via surat pos? Langkah menulisnya hampir sama dengan itu. Tulis di bagian atas tanggal dan kepada yang dituju (biasanya bagian HRD) dan di badan surat lamaran tulis diskripsi singkat siapa Anda dan mengapa Anda tertarik di posisi yang tersedia.

Contoh surat lamaran dalam Bahasa Inggris misalnya sebagai berikut:

“Jakarta, November 12th 2012

Attention To: Human Resources Department

PT. Jakarta Realty

Jl. Gatot Subroto No. 50A

South Jakarta, Indonesia 12970

Dear Sir,

Im seeing your fast growing organization and I heard that your company has a good reputation, so I would like to join with your company as Credit Marketing officer (CMO).

I am 29 years of age and I graduated from Mechanical Technique Faculty, Jenderal Achmad Yani University, Bandung, Majoring in Metallurgy.

I have an excellent health, high motivation, good communication skill, computer skill, creative, high loyalty, integrity, I am ready to work hard, motorcycle, SIM C and highly motivated to works every where.

Hopefully, you could consider my application and I am looking forward to hearing from you.

Yours faithfully,

Anjari Kurniawan, ST”.

Sedangkan untuk CV cara penulisannya juga cukup sederhana. Sila diskripsikan diri Anda per poin-poin seperti data pribadi, pendidikan, skill, prestasi/pencapaian, pengalaman kerja, dan sebagainya. Contoh CV dalam Bahasa Indonesia sebagai berikut:

Data Pribadi:

(Poin ini berisi nama, jenis kelaminm alamat, tempat tanggal lahir, dsb)

Pendidikan:

(Poin ini berisi jenjang pendidikan yang telah ditempuh, bisa formal atau non formal)

Kemampuan/Skill:

(Anda punya skill khusus yang jadi poin plus? Jelaskan di poin ini)

Pengalaman Kerja:

(Bagi yang sudah pernah bekerja sebelumnya, tulis rekam jejak pengalaman kerja sebelumnya di poin ini)

Prestasi/Pencapain:

(Pernah mendapat penghargaan atau award di bidang Anda? Tulis di poin ini)”

Karya/Portofolio:

(Pernah menciptakan dan menghasikan ‘sesuatu’ sesuai bidang Anda? Tulis di poin ini)”.

Nah itulah sekilas contoh surat lamaran kerja dan CV dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. Tak ingin repot menulis dari awal? Sila gunakan template online yang tersedia di Microsoft Office Word. Ada ratusan CV/resume dan contoh surat lamaran yang bisa diadopsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda