Scroll to Top

Lawan Terberat Timnas U19 Saat Ini Adalah Mental

By Agus Prasetyo / Published on Friday, 15 Nov 2013

Evan Dimas

Timnas Indonesia U19 yang diproyeksikan melakoni Piala Asia tahun depan di Myanmar, terus ditempa di Batu Malang Jawa Timur. Maklum Evan Dimas Cs diharapkan bisa memenuhi target untuk bisa lolos ke Piala Dunia U-20.

Hanya saja Garuda Jaya harus bisa mengatasi masalah mental, khususnya masalah mental block yang kerap menghinggapi para pemain.

Ketika dimintai konfirmasinya pelatih mental timnas U-19, Guntur Cahyo Utomo membenarkan hal tersebut.

Dirinya mengatakan jika salah satu kendala mental yang kerap menghampiri adalah perasaan cemas, grogi dan merasa khawatir tidak bisa menampilkan permainan terbaik.

Guntur juga memberikan penjelasan jika proses pelatihan mental tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu tiga bulan atau empat bulan saja.

”Karena itu proses pemusatan latihan ini berlangsung selama satu tahun. Agar persiapannya bisa menyeluruh dan pemain hanya berpikir soal sepak bola, tidak terganggu oleh hal-hal lain” tegas Guntur seperti yang dilansir Republika (Jumat, 15/11/12).

Selain menjalani pelatihan di Malang, seringnya melakukan laga uji coba internasional juga dapat dilakukan untuk bisa menghapus mental block tersebut.

Namun yang lebih penting lagi, pemahaman soal melihat dan memahami potensi yang dimiliki diri sendiri juga harus ditanamkan.

”Selama ini kita terpaku dengan kemampuan lawan dan bagaimana mengatasinya, tapi kita justru tidak memperhatikan potensi dan kemampuan apa yang kita miliki” tambah Guntur.

Hanya saja menurut Guntur meski Timnas U-19 akan bermain tandang di Piala Asia U-19, tapi hal itu tidak akan menjadi masalah beban mental.

”Tidak ada beban mental, tapi proses adaptasi tempat. Toh lawan yang akan dihadapi juga 11 melawan 11 dan bermain di dimensi lapangan yang sama” pungkas Guntur.

Berkaitan dengan target yang diberikan kepada timnas U-19, Guntur mengakui jika bisa lolos ke Piala Dunia U-20 akan menjadi prestasi yang cukup membanggakan buat timnas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda