Scroll to Top

Tolak Facebook, Snapchat Ditawar Google Rp 46 Triliun

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 16 Nov 2013

Snapchat

Pekan ini Snapchat tengah jadi buah bibir. Beberapa hari lalu, aplikasi pesan instan itu menolak pinangan Facebook. Kini, giliran Google yang menawar. Rumor yang beredar jika Snapchat juga menolak pinangan Rp 46 triliun dari raksasa internet tersebut.

Ini berarti Google berikan tawaran lebih tinggi USD 1 miliar jika dibanding harga yang disodorkan Facebook. Jejaring sosial populer itu sebelumnya menawar USD 3 miliar atau sekitar Rp 34 triliun.

Bahkan Facebook telah lakukan penawaran sebelumnya sekitar pertengahan tahun ini. Mulanya social network tersebut sodorkan harga USD 1 miliar (Rp 11 triliun) namun Snapchat menolaknya.

Seperti dikabarkan The Verge, Google miliki rencana lain dengan Snapchat. Aplikasi ini akan menjadi stand alone app dan mandiri. Evan Spiegel kabarnya sedang mempertimbangkan tawaran Google.

Jika menilik ke belakang, perseteruan Google dan Facebook dalam urusan akuisisi bukan kali ini terjadi. Apabila rumor ini benar, maka ini kali kedua antara keduanya saling berebut perusahaan untuk dicaplok.

Beberapa bulan lalau kasus serupa terjadi. Waze, aplikasi pemetaan digital asal Israel menjadi rebutan keduanya. Facebook pertama kali menawar dengan harga selangit namun dengan syarat rumit. Para punggawa Waze wajib diboyong ke AS.

Muncul secara tiba-tiba Google yang datang dengan harga lebih tinggi namun dengan syarat lunak. Mereka membebaskan karyawan Waze untuk stay di Israel. Alhasil Facebook gagal dan Waze merapat ke Google.

Apakah kasus Waze akan terulang untuk Snapchat? Baik Facebook dan Google miliki kepentingan sendiri-sendiri terhadap Snapchat. Dan bila menilik dari kepentingan keduanya, nampaknya niatan Google lebih menguntungkan dibanding tujuan Facebook mengakuisisi Snapchat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda