Scroll to Top

Park Eun Seon, Pemain Sepakbola Wanita Korea Selatan Ini Mirip Pria

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 16 Nov 2013

Park Eun Seon 2

Park Eun-Seon, pemain sepakbola wanita asal Korea Selatan, baru-baru ini harus menghadapi masalah pelik. Penampilannya yang mirip pria membuat beberapa klub mengancam akan memboikot Liga Korea Selatan (WK-League).

Masalahnya, apa lagi kalau bukan keberadaan sang pemain yang cukup ‘mengganggu’. Bertinggi 180 centimeter dan berberat badan 74 kilogram, Park Eun Seon menjadi pencetak gol ulung WK-League musim lalu dengan 19 gol dari 22 pertandingan.

Penyerang Seoul City tersebut dicurigai ‘curang’ dengan menyamarkan jenis kelamin. Alhasil enam klub WK-League menuntut pembuktian keaslian jenis kelamin Eun-Seon!

Park Eun Seon 3

Padahal, Park sendiri sudah menjalani tes jenis kelamin ketika masih berusia 15 tahun.Perempuan yang juga pernah tampil untuk Korea Selatan pada Piala Dunia 2003 dan Olimpiade 2004, sendiri menuturkan di facebook, “Saya sudah menjalani tes jenis kelamin beberapa kali.”

“Saya melakukannya di Piala Dunia, Olimpiade, dan beberapa kesempatan lain. Tak ada masalah. Saya berjuang keras untuk mencapai penampilan yang sekarang, dan saya tidak akan mudah menyerah. Saya tahu apa yang direncanakan orang (yang mendesak tes jenis kelamin), tapi saya tak akan tenggelam begitu saja.”

Pelatih Seoul City, Seo Jung-ho juga membela anak asuhnya. Menurut sang arsitek tim, tengah terjadi konspirasi untuk menyikut Park Eun-Seon karena penampilannya tengah menanjak setelah sempat mengalami masa-masa buruk.

Sementara itu, Dewan Olahraga Seoul, seperti dirilis oleh CNN membenarkan ucapan sang pemain, bahwa ia pernah dites oleh KFA (Federasi Sepakbola Korea Selatan) pada 2004 ketika hendak berangkat ke Olimpiade Athena.

Ditambahkan pula, “Keinginan para pelatih dari enam klub agar diadakannya tes untuk Park sekali lagi, adalah hal yang sangat berbahaya. Keinginan mereka merupakan pengkhianatan hak asasi manusia yang seharusnya dilindungi dengan segala cara.”

Kim Jon Soo, yang merupakan Sekretaris Jenderal Dewan Olahraga Seoul juga menyebut, “Kami tidak memiliki niatan untuk melakukan tes jenis kelamin hanya demi menghentikan boikot yang tengah terjadi.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda