Scroll to Top

Belanda vs Jepang 2-2: Hasil Pertandingan Laga Persahabatan

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 16 Nov 2013

Rafael Van Der Vaart

Yuya Osako dan Keisuke Honda  sukses memaksakan hasil pertandingan Belanda vs Jepang berujung dengan skor 2-2 meski Samurai Biru sempat tertinggal dua gol. Bermain di Cristal Arena, Genk pada Sabtu, 16 November 2013, hasil imbang ini membuat pasukan Alberto Zaccheroni membuktikan kualitas untuk bersaing di Piala Dunia 2014.

Jepang sebenarnya bermain mengesankan di menit-menit awal. Hotaru Yamaguchi dan Shinji Okazaki menjadi momok lini belakang Belanda. Namun, itu tidak berlangsung lama. Sebuah gol yang tidak sesuai dengan jalannya pertandingan lahir di menit 12.

Umpan panjang yang mengarah kepada Rafael Van der Vaart sebenarnya mubazir. Tapi, Maya Yoshida malah menanduk bola ke arah lari sang gelandang. Van Der Vaart menchip bola melewati jangkauan Shusaku Nishikawa untuk membuka skor.

Selanjutnya, Belanda yang dipimpin oleh Kevin Strootman lebih menguasai keadaan. Namun, kesempatan yang dimiliki Arjen Robben di menit 20 mentah. Selang 14 menit sang winger Bayern Munchen dihadang oleh kesigapan Nishikawa.

Namun, tak ada yang bisa menghalangi Robben menyelesaikan peluang ketiga Arjen Robben. Menit 38, setelah bergerak dari sisi kiri pertahanan Jepang, ia melepaskan tendangan cantik yang melayang masuk ke sudut kanan atas gawang Nishikawa. Sebuah cara istimewa untuk mengenang perannya sebagai kapten di laga ini.

Jepang pantang menyerah. Menit 43, berkat keberhasilan Makoto Hasebe melakukan kecohan 180 derajat, pemain Nurnberg mengirimkan umpan cantik yang tinggal diselesaikan dengan dingin oleh Yuya Osako. 2-1, Samurai Biru masih membuka asa menuju babak kedua.

Keisukae Honda 1

Kehadiran Shinji Kagawa membuat Belanda tertekan. Sang pemain Manchester United gagal menyelesaikan kerja Keisuke Honda di menit 52. Tak masalah, karena Jepang kemudian terus menampilkan semangat meraih hasil lebih baik. Lalu, keajaiban itu datang.

Keisuke Honda membuat Jepang menyamakan kedudukan di menit 60. Caranya sensasional! Umpan-umpan pendek para pemain Jepang, dimulai dari Yasuhito Endo, diakhiri dengan tembakan terukur pemain CSKA Moskwa ke sudut kiri gawang Belanda. 2-2!

Jepang masih terus berusaha mencari gol kemenangan. Namun, Belanda tak mau pula dipermalukan. Skor imbang 2-2 tetap bertahan. Satu yang perlu dicatat, Samurai Biru menunjukkan mereka bisa bersaing dengan tim level dunia.

Belanda: Cillessen; Blind, De Vrij, Vlaar, Janmaat; N. De Jong (Jetro Willems ’46); Van der Vaart ( Jonathan De Guzmán ’78), Strootman; S. De Jong (Memphis Depay ’73), Robben; Lens.

Jepang:Nishikawa; Nagatomo (Gotoku Sakai ’73), Yoshida, Konno, Uchida (Hiroki Sakai ’79); Hasebe (Kagawa ’46), Yamaguchi; Kiyotake (Yasuhito Endō ’46), Honda, Okazaki; Osako (’73)Yoichiro Kakitani .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda