Scroll to Top

Kualifikasi Euro 2012: Minus Sneijder, Belanda Mengandalkan Van Der Vaart dan Robben

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 01 Oct 2011

Belanda Kualifikasi Euro 2012

Belanda memang kehilangan Wesley Sneijder. Gelandang Inter Milan ini cedera sehingga tak mungkin memperkuat timnasnya yang tinggal selangkah lagi lolos ke Euro 2012. Tak mau ambil risiko, pelatih Bert Van Marwijk memakai para pemain bintang. Nigel de Jong, Rafael Van der Vaart, dan Arjen Robben dipanggil kembali ke timnas.

Belanda memang tidak dalam keadaan terdesak. Mereka dengan mudah memuncaki klasemen sementara Grup E dengan delapan kemenangan dari delapan laga. Mereka, seperti halnya Jerman dan Spanyol, menggenggam rekor kemenangan 100%.  Jarak dengan peringkat kedua, Swedia, enam angka.

Kepastian lolos ke putaran final Euro 2012 akan didapatkan jika Belanda minimal memetik satu angka saat melawan Moldova pada 7 Oktober mendatang. Hampir setahun lalu, pada 10 Oktober 2010, Belanda sukses menekuk tim yang sama dalam laga away. Saat itu, pahlawan tim oranje adalah Klaas Jan-Huntelaar dengan golnya di menit 37.

Kini, di antara para pemain top dunia yang menghiasi skuadnya, Van Marwijk tak mau melupakan regenerasi. Ada Jeremain Lens dan Luuk de Jong di lini depan yang masing-masing berusia 23 dan 21 tahun. Keduanya baru tampil 4 dan 3 kali untuk Belanda. Meski mungkin terlalu pagi, dua pemain yang masih merumput di liga domestik, bisa diasah untuk kelak menggantikan Robin Van Persie, Dirk Kuyt, atau Huntelaar.

Pemain-pemain muda lain adalah gelandang Kevin Strootman (tampil 6 kali) dan Georginio Wijnaldum (tampil 4 kali). Di lini belakang, ada Erik Pieters (12 kali) dan pemain Chelsea yang dipinjamkan ke Hamburger SV, Jeffrey Bruma (tampil 3 kali).

Gabungan senior-junior kemungkinan akan dengan mudah membawa Belanda melenggang ke putaran final Euro 2012 yang diselenggarakan di Ukraina-Polandia. Apalagi mereka akan tampil di De Kuip, Rotterdam saat menjamu Moldova.

Kalau Belanda menang atau seri dari Moldova, meskipun mereka kalah menghadapi Swedia empat hari kemudian, dengan skor sebesar apa pun, tim Oranje takkan terpengaruh. Namun, tentu Belanda ingin 100% tak terkalahkan. Syukur-syukur jika bisa 100% menang.

Dengan skuad di bawah ini, mungkin saja hal tersebut terjadi.

Kiper: Maarten Stekelenburg  (Roma), Tim Krul (Newcastle United), Michel Vorm (Swansea City)

Bek: Khalid Boulahrouz (Stuttgart), Edson Braafheid (Hoffenheim), Joris Mathijsen (Malaga), Erik Pieters (PSV), Jeffrey Bruma (Hamburg), Gregory van der Wiel (Ajax)

Gelandang: Kevin Strootman (PSV), Rafael van der Vaart (Tottenham Hotspur), Georginio Wijnaldum (PSV), Mark van Bommel (AC Milan), Nigel de Jong (Manchester City), Hedwiges Maduro (Valencia), Stijn Schaars (Sporting Lisbon)

Penyerang: Dirk Kuyt (Liverpool), Robin van Persie (Arsenal), Jeremain Lens (PSV), Arjen Robben (Bayern Muencen), Eljero Elia (Juventus), Klaas Jan Huntelaar (Schalke), Luuk de Jong (Twente)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda