Scroll to Top

Pemain Terbaik Dunia 2013: Xavi Pilih Cristiano Ronaldo, Tapi …

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 18 Nov 2013

Pemain Terbaik Dunia 2013 Xavi Hernandez Pilih Cristiano Ronaldo, Tapi ...

Xavi Hernandez mengaku, andai dirinya adalah kapten Spanyol, dia akan memilih Cristiano Ronaldo di ajang pemilihan pemain terbaik dunia, Ballon d’Or 2013. Namun, gelandang Barcelona tersebut tetap menempatkan kapten Portugal sebagai pilihan ketiga, di bawah Lionel Messi dan Franck Ribery.

Seperti dilansir oleh AS, playmaker andalan klub Catalan tersebut menuturkan, “Jika ditanyakan siapa pemain terbaik dunia, tentu saja Lionel Messi orangnya, tak ada keraguan tentang hal tersebut. Tapi, jika ditanyakan tentang siapa yang terbaik pada tahun ini, wajar saja kalau ada perdebatan seputar hal tersebut.”

“Jika saya kapten timnas Spanyol dan berhak memberikan suara, saya akan memilih Messi di urutan pertama, Ribery berikutnya, lantas Cristiano (Ronaldo). (Arjen) Robben juga layak masuk dalam daftar tersebut.”

Xavi juga mengungkapkan alasannya, mengapa tetap memilih Lionel Messi sebagai yang terbaik. Katanya, “Messi adalah pemain yang bisa memenangi laga seorang diri. Meskipun, Anda juga harus mengakui Ribery dan Cristiano Ronaldo mencapai standard sangat tinggi. Ribery memenangi segalanya, sedang Cristiano mencetak sekian banyak gol.”

Gelandang gaek yang tidak dibawa ke Afrika Selatan oleh Vicente Del Bosque ini juga memberikan penilaian kepada Barcelona. Baginya, saat ini nilai klubnya hanyalah 7,5 atau 8 jika dibandingkan beberapa tahun lalu yang levelnya bisa mendapatkan angka maksimal 10.

“Barcelona yang sekarang memainkan sepakbola yang apik, tapi tak bisa benar-benar menikmati laga dalam setiap menit karena kini, klub lawan selalu menekan kami. Barca memperoleh hasil pertandingan yang luar biasa, seakan mustahil bagi kami untuk berkembang lagi karena kami adalah yang terdepan di semua area.”

Ketika ditanya apakah Bayern Munchen yang diasuh oleh Pep Guardiola lebih baik daripada Barcelona, Xavi berkilah. Ia mengaku belum menonton laga Bayern selama 90 menit. Katanya, “Jika ada 15 tim yang lebih baik daripada Barcelona, jelas kami memiliki masalah. Tapi, coba saya bertanya, adakah tim yang lebih baik daripada Barcelona di Liga Spanyol?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda