Scroll to Top

Kemacetan di Jakarta Tahun Ini Turut Disokong 12 Juta Kendaraan Baru

By Ilham Choirul / Published on Monday, 18 Nov 2013

jakarta macet

Prediksi bahwa Jakarta bakal tambah macet terbukti kebenarannya. Menurut data yang dilansir Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, pertumbuhan kendaraan yang berlalu lalang di Jakarta semakin besar. Dikutip Antara, Jokowi mengatakan sudah bertambah 1.218.000 unit kendaraan hanya dalam tempo 10 bulan dari Januari sampai Oktober 2013.

Pekerjaan untuk mengatasi kemacetan semakin sulit. Dari sisi kendaraan, jumlah mobil di Jakarta bertambah 273 ribu unit dan motor 944 ribu. Itu masih ditambah dengan faktor genangan air yang di Jakarta dan telah terudentidikasi ada 25 titik. Diperkirakan saat hujan deras tiba, berbagai faktor yang ada akan membuat kemacetan parah di Jakarta.

“Macet disebabkan yang pertama karena genangan di 25 titik, kedua, orang-orang yang berteduh di bawah jembatan. Ketiga, petugas di lapangan waktu hujan tidak ada, makanya kendaraan saling terobos ingin cepat dan keempat, tambahan kendaraan tadi,”ungkap Jokowi.

Sementara itu, melihat tingginya pertumbuhan kepemilikan kendaraan, Jokowi berencana meninjau kembali pengenaan pajak. Mungkin ke depan akan ada pajak progresif terhadap kendaraan agar pertumbuhannnya dapat ditekan. Hal ini segera disampaikan kepada DPRD Jakarta sebagai salah satu langkah menghadapi kemacetan.

Di Jakarta sendiri sudah ada 27 titik kemacetan. Semuanya sudah dilakukan identifikasi penyebabnya. Jokowi sudah melakukan koordinasi dengan para walikota dan Dinas Pekerjaan Umum untuk bersama-sama mengatasi masalah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda