Scroll to Top

Video Topan Haiyan yang Menghantam Filipina Hampir Setara Tsunami Aceh

By Ilham Choirul / Published on Monday, 18 Nov 2013

topan haiyan

Kedahsyatan topan Haiyan di Filipina sungguh luar biasa. Dalam sekali jalan, angin ini telah meregangkan nyawa hingga 10 ribu jiwa. Itu masih belum ditambah dengan kerugian material yang sangat tinggi jumlahnya. Sampai saat ini masih banyak korban memerlukan bantuan di pengungsian akibat rumah mereka terempas angin dan rata dengan tanah.

Tahukah Anda? Akibat topan Haiyan muncul pemandangan seperti gelombang tsunami di Aceh. Angin telah membuat air laut bergejolak hingga naik dari dua sampai enam meter. Itu masih ditambah dengan kecepatan gerak yang mencapai 310 kilometer per jam.

Jika dibandingkan dengan tsunami Aceh mungkin masih kalah tinggi gelombang ombaknya. Pasalnya, setelah ada gempa di tengah laut berkekuatan 9,1 SR, air laut naik sampai naik di ketinggian 30 meter. Namun perlu digarisbawahi, antara topan Haiyan dan  tsunami Aceh merupakan gempa terbesar yang terjadi pada abad ini. Kerugian material dan angka korban jiwa sama-sama besar.

Kekuatan angin inilah yang membuat topan Haiyan cukup dahsyat. Air laut yang mencapai daratan mendapatkan momentum besar sehingga mampu meruntuhkan bangunan di darat hingga pepohonan. Keadaan parah sangat dirasakan oleh penduduk di sekitar pantai.

Ingin tahu kedahsyatan topan Haiyan? Berikut ini cuplikannya yang diadaptasi dari YouTube:

http://www.youtube.com/watch?v=Sh9AhqN4xiE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda