Scroll to Top

Danny Verlinden: Kiper Terlama Tak Terbobol di Eropa

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 01 Oct 2011

danny verlinden

Namanya mungkin tak dikenal di dunia. Kita lebih mengetahui Edwin Van Der Sar, Peter Schmeichel, atau Gianluigi Buffon. Tapi, Daniel Verlinden, mantan kiper Lierse dan Brugge, sementara ini masih memiliki rekor sebagai kiper terlama tak terbobol di Eropa.

Daniel Verlinden yang lebih sering disebut Danny Verlinden, lahir pada 15 Agustus 1963. Ia memulai debut sebagai kiper Lierse pada usia 17 tahun. Setelah delapan musim di Lierse, Verlinden bergabung pada tim besar, Club Brugge, hingga akhir karier. Bayangkan, 22 tahun ia bernaung di klub ini!

Daniel Verlinden memegang rekor tak terbobol selama 1390 menit. Artinya, gawangnya “perawan” selama lebih dari 15 pertandingan. Rekor ini dibukukannya untuk Liga Belgia dari 3 Maret 1990 hingga 26 September 1990.

Kehebatan kiper Belgia ini berlanjut pada rekor lain. Ia sempat menjadi pemain tertua yang berlaga di ajang sekelas Liga Champions. Verlinden berusia 40 tahun 116 hari saat memperkuat Brugge di Liga Champions 2003. Kala itu, Verlinden dan kawan-kawan mampu memenangkan duel dengan Ajax 2-1 pada 9 Desember 2003. Sayang, Brugge tak bisa lolos dari penyisihan grup H karena terpaut satu angka dari sang runner-up, Celta Vigo.

Rekor pemain tertua ini kelak dipecahkan oleh Alessandro Costacurta, suami Martina Colombari dan legenda AC Milan.

Satu-satunya kiper yang hampir mampu mendekati Verlinden adalah Edwin Van Der Sar. Ia sempat memiliki rekor 1311 menit tak terbobol.

Uniknya, meski memiliki rekor tak terbobol paling lama, Verlinden bukanlah pilihan utama Belgia. Ia cuma bisa memperkuat timnasnya sekali seumur hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda