Scroll to Top

Busway Kick: 3 Jurus Ampuh Menghukum Penerobos Jalur Transjakarta

By Ibnu Azis / Published on Monday, 18 Nov 2013

Busway Kick

Busway Kick adalah sebuah gerakan dan aksi untuk menghukum para pengendara penerobos jalur Transjakarta yang digagas oleh Muhammad Daivi. Apa dan bagaimana di balik ide gerakan sosial tersebut?

Menyaksikan aturan tak dipatuhi, banyak pengendara roda dua dan empat yang menerobos jalus Busway seenaknya, Muhammad Daivi pun geram. Terbesit dalam benaknya untuk berikan sebuah sanksi moral dan sosial agar si pelaku jera.

Pria 62 tahun yang tinggal di Tanjung Priok ini kemudian terfikirkan ide Busway Kick. Tepatnya pada bulan September lalu gagasan itu tercipta dalam tiga jurus yakni sebagai berikut:

  1. Menendang kaki ke arah pengendara penerobos.
  2. Menjulurkan salah satu tangan dengan mengarahkan ibu jari ke bawah (dislike).
  3. Memotret penerobos Busway dan diunggah ke media sosial.
Jurus Busway Kick
3 jurus Busway Kick ala Muhammad Daivi

Muhammad Daivi menyadari jika aksinya mungkin akan dianggap aneh namun tak diduga justru banjir dukungan. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta berikat apresiasi khusus.

“Menurut saya aksinya baik, saya dukung. Kalau memang kejadian terus-menerus, itu menjadi hukuman masyarakat sendiri” ujar Jokowi.

Aksi Busway Kick pun juga mendapat pengakuan dari Direktorat Jenderal Hak kekayaan intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Sebab, per bulan September 2013, Muhammad Daivi telah mendaftarkan aksinya ke Ditjen HKI biar bisa dicontoh oleh warga lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda