Scroll to Top

Pantai Pok Tunggal, Surga Tersembunyi di Gunungkidul

By Ditya / Published on Monday, 18 Nov 2013
Pantai Pok Tunggal
Pohon Duras di Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal mungkin kurang terdengar jika dibandingkan pantai Gunungkidul lain seperti Baron, Kukup, dan Krakal. Meski demikian, keindahan yang ditawarkan oleh pantai Pok Tunggal ini tak kalah jika dibandingkan dengan pantai lain yang sudah lebih dahulu terkenal dan pantai ini dijuluki surga tersembunyi di Gunungkidul.

Lokasi pantai Pok Tunggal ini berada di kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta). Pantai Pok Tunggal ini relatif mudah dijangkau karena sejalur dengan pantai Indrayanti. Jarak pantai Indrayanti dengan pantai Pok Tunggal ini hanya sekitar 5 KM. Jalan masuk pantai Pok Tunggal ini masih belum diaspal, sehingga pengunjung harus berjuang untuk melalui jalan berbatu yang berkelok-kelok sepanjang 2 KM untuk mencapai pantai Pok Tunggal ini. Meski demikian, pantai ini dapat diakses oleh sepeda motor maupun mobil.

Apa yang ditawarkan oleh pantai Pok Tunggal ini? Keunggulan pantai Pok Tunggal ini hampir sama dengan pantai yang ada di Gunungkidul lainnya, yakni menawarkan keindahan pasir putih yang menawan dan deretan tebing kapur yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi area panjat tebing.

Pok Tunggal
Hamparan pasir putih di Pantai Pok Tunggal

Mengapa pantai ini disebut dengan nama “Pok Tunggal”? Menurut keterangan dari warga sekitar, pantai ini disebut dengan nama Pok Tunggal karena ada sebatang pohon Duras yang tumbuh dan menempel (ngepok) di jalan masuk pantai. Warga sekitar juga mengatakan bahwa pohon Duras tersebut sulit tumbuh di daerah tersebut, sehingga keberadaannya sangat dijaga oleh masyarakat sekitar.

Pohon Duras yang tumbuh di jalan masuk pantai ini kini menjadi ikon pantai Pok Tunggal dan banyak pengunjung yang memilih tempat tersebut sebagai salah satu spot untuk berfoto. Keberadaan pohon ini sangat dijaga oleh masyarakat dan tidak diperbolehkan untuk memanjat pohon tersebut.

Ombak di Pantai Pok Tunggal
Ombak di Pantai Pok Tunggal

Garis pantai Pok Tunggal ini tak terlalu lebar dan ombaknya juga tidak terlalu besar. Pengunjung pantai Pok Tunggal ini disuguhi pemandangan berupa tebing setinggi 50 meter yang berjejer di belakang pantai. Pantai Pok Tunggal ini belum terlalu ramai oleh pengunjung, sehingga cocok bagi Anda yang menginginkan suasana pantai yang agak sepi.

Bagaimana dengan fasilitas yang ada di obyek wisata pantai Pok Tunggal ini? Meski masih dalam tahap pengembangan dan pembangunan, fasilitas pantai Pok Tunggal ini cukup lengkap, sebut saja kamar mandi, toilet, sewa payung, sewa tenda, parkir, dan sebagainya. Anda penasaran? Langsung saja kunjungi pantai Pok Tunggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda