Scroll to Top

FB Hadirkan Fitur Donasi untuk Korban Badai Topan Haiyan

By Ibnu Azis / Published on Monday, 18 Nov 2013

Badai Topan

Badai Topan Haiyan yang menyapu Filipina sejauh ini telah menelan ribuan korban. Data terakhir dari PBB tercatat 4.460 jiwa tewas dari bencana alam dahsyat tersebut. Facebook pun tak tinggal diam. Tiga hari terakhir pengguna jejaring sosial top tersebut pasti melihat tab donasi di bagian atas news feed sebagai langkah santunan bagi korban Badai Topan Haiyan.

Tab tersebut berisi ajakan bagi pengguna FB untuk menyumbang dana (default) Rp 100 ribu di dua lembaga kemanusiaan internasional; Palang Merah dan Bulan Sabit Merah internasional. Seluruh sumbangan yang masuk akan disalurkan ke dua jaringan global kemanusiaan tersebut.

Lantas bagaimana cara berikan donasi? Jika Anda mendapati tab tersebut di Facebook tinggal klik saja tombol donasi. Nantinya akan muncul jendela baru yang berikan opsi cara pemberian donasi via kartu kredit atau debit.

Pemberian donasi oleh pengguna bisa menggunakan akun kartu kredit maupun debit Visa serta MasterCard. Ketika jendela baru terbuka pengguna tinggal masukkan data kartu kredit atau debit mereka.

Kerjasama antara Facebook dan Palang Merah serta Bulan Sabit Merah Internasional ini terjalin per 13 November 2013. Dengan menggandeng Facebook diharapkan jumlah donasi yang terjaring bisa digunakan untuk membantu dan memenuhi kebutuhan para korban bencana.

“Penggalangan dana di Facebook adalah penggalangan donasi terbesar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional yang pernah dilakukan,” ujar Laura Howe, jubir Palang merah Internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda