Scroll to Top

Tips Mengatasi Keracunan Makanan dengan Cepat

By C Novita / Published on Monday, 18 Nov 2013

keracunan alam

Masalah keracunan makanan ada kalanya terjadi pada seseorang, dan menyebabkan sakit perut atau mual dan muntah. Bila terlambat ditangani, penderita bisa masuk rumah sakit dan mengalami hal yang tak diinginkan.

Karena itu penanganan secepatnya harus dilakukan begitu terasa gejala tak nyaman usai memakan makanan tersebut, agar efek dari keracunan makanan tidak makin parah. Berikut adalah tips mengatasi keracunan makanan dengan memakai bahan makanan alami yang ada di rumah, seperti dilansir oleh situs Boldsky:

  • Teh hitam. Asam tannic yang terdapat pada teh hitam adalah salah satu obat bagi keracunan makanan. Minum satu cangkir teh hitam bila Anda merasa sakit perut karena bakteri penyebab keracunan makanan.
  • Jahe. Konsumsi air jahe hangat, atau campurkan jahe dalam secangkir teh yang Anda konsumsi. Ini bisa mengurangi rasa tak nyaman akibat keracunan makanan. Jahe adalah antibiotik alami yang manjur.
  • Air putih. Minum banyak air putih untuk menetralisir pengaruh racun dalam makanan Anda, dan untuk mempercepat proses pembersihan perut.
  • Lemon. Anda bisa menambahkan perasan air lemon dalam air putih yang Anda konsumsi. Pada lemon ada banyak kandungan asam yang berguna untuk membunuh bakteri di perut yang jadi penyebab keracunan makanan.
  • Daun basil. Basil bermanfaat menyembuhkan infeksi dan gangguan di perut.
  • Pepermin. Sama seperti daun basil, daun pepermin juga baik untuk menyembuhkan infeksi di perut.
  • Gula pasir. Konsumsi air gula bermanfaat untuk menambah energi pada pasien keracunan makanan. Biasanya pasien akan merasa lemas dan kehabisan energi bila mengalami kejadian tersebut.
  • Yogurt. Yogurt bersifat menetralisir pengaruh keracunan, juga menjadi antiseptik. Ia dapat membunuh bakteri jahat yang menyebabkan keracunan.
  • Cuka apel. Satu sendok cuka apel pun dapat membantu meringankan gejala keracunan yang Anda alami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda