Scroll to Top

Microsoft Security Essentials Mendeteksi Google Chrome Sebagai Trojan

By Ivan Azzam / Published on Saturday, 01 Oct 2011

Jika kamu memakai Windows, tentunya aplikasi wajib yang harus kamu instal adalah anti-virus dan anti-malware. Sudah umum diketahui terkadang aplikasi anti-virus/malware yang kamu gunakan salah mendeteksi aplikasi lain sebagai virus/malware, dan ini terjadi pada aplikasi Microsoft Security Essentials, yang tidak sengaja mendeteksi browser Google Chrome sebagai file berbahaya.

Aplikasi Microsoft Security Essentials

Pada definition update hari ini, Microsoft Security Essentials menandai file Chrome.exe sebagai file jahat dan dikira sebagai pencuri password dan varian dari jenis trojan Zeus. Lalu file .exe tersebut dihapus dan hanya menyisakan shortcut rusak dan tentunya tidak bisa membuka Chrome, instal baru pun akan diblok.

Setelah kejadian itu, Microsoft dengan cepat melakukan perubahan pada definition dan memperbaikinya, jadi Chrome sudah bisa diinstal dengan normal.

Jadi apa penyebabnya? Dikutip dari Geek, kemungkinan ada dua fitur dari Chrome, Native Client dan app backgrounding yang menyebabkan MSE salah mendiagnosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda