Scroll to Top

Entrepreneur Israel Ciptakan Facebook untuk Orang Mati

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 19 Nov 2013

FB Orang Mati

Seorang pengusaha asal Israel telah menginvestasikan puluhan ribu dollar untuk mengabadikan 120.000 batu nisan. Entrepreneur tersebut miliki rencana untuk membuat semacam Facebook bagi orang mati. Seperti apa?

Mungkin proyek yang dilakukan pengusaha asal Israel itu terkesan nyleneh. Namun memang begitulah adanya. Dikutip dari Qz.com, apa yang sedang digarapnya miliki nama proyek Neshema.

Lantas apa tujuan dari proyek ini? Setiap laman yang tercipta akan menjadi kenangan serta memori bagi orang yang telah meninggal. Tentu saja ini ditujukan bagi keluarga, rekan, sahabat, atau orang dekat almarhum yang ditinggalkan.

Sejauh ini proyek Neshema baru mengabadikan lima pusara. Ada kemungkinan jika Shelly Furman Asa, pemimpin Neshema, alami kendala soal pengambilan gambar. Beberapa makam di AS misalnya tak diizinkan untuk diabadikan dengan kamera.

Facebook sendiri miliki fitur serupa untuk mengenang anggota keluarga atau saudara dan rekan yang telah meninggal. Fitur tersebut akan mengantifkan kembali akun pengguna yang telah meninggal yang hanya bisa diakses di lingkaran tertentu. Tujuannya hanya untuk mengenang keberadaan almarhum.

Shelly Furman Asa menyebut jika digitalisasi pusara Neshema kini sedang berlangsung. Ia berujar jika layanan ini akan mampu menarik pengguna untuk mengenang memori mereka dengan mengunggah gambar dan token ke akun rekan, sahabat, atau keluarga almarhum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda