Scroll to Top

Mitos Seputar Penyakit Diabetes

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 19 Nov 2013

diabetes

Keberadaan penyakit diabetes memiliki sejumlah anggapan yang ternyata hanya mitos. Mitos ini harus dibenarkan meski sebagiannya ada pula yang perlu dikoreksi. Berikut ini beberapa mitos soal diabetes yang sebaiknya dipahami:

  1. “Penderita diabetes dialami oleh banyak wanita.”  Untuk penderita diabetes  tipe 1 sebenarnya tidak memandang jenis kelamin. Baik pria maupun wanita bisa sama-sama mengalaminya. Hanya saja kejadian secara global justru lebih banyak pria dibanding wanita. Jika dilihat dari rasnya, risiko terendah dialami oleh orang non-Eropa dan wanita lebih sedikt mengalaminya.
  2. “Diabetes adalah penyakit menular.” Penyakit ini tidak menular namun dapat diturunkan secara genetik. Pada diabetes tipe 2, penyebabnya lebih karena gaya hidup tidak sehat.
  3. “Diabetes tidak dapat disembuhkan.” Lebih tepatnya, pengobatan diabetes bisa dilakukan dengan selalu mengontrol kadar gula darah selalu normal. Bagi Anda yang memiliki pra-diabetes masih mungkin untuk sembuh. Lebih dini mengontrol gula darah, itu lebih baik.
  4. “Diabetes dapat disembuhkan secara total.” Kasus diabetes ini memang unik. Bagi penderita diabetes tipe 1 memang sulit disembuhkan. Sementara untuk diabetes tipe 2 masih mungkin untuk dikontrol. Hanya saja untuk sembuh secara total jika sudah parah mungkin agak sulit.
  5. “Makanan cepat saji, minuman manis, dan soda tidak mengakibatkan diabetes.” Ini hanya mitos. Pasalnya, ketiganya menjadi penyebab obesitas karena memiliki kandungan kalori atau gula yang cukup tinggi. Dari sinilah awal naiknya gula darah. Perlu dipahami, dalam minuman soda berukuran 300 mL terdapat kandungan gula setara 10 sendok teh dan 40 gram karbohidrat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda