Scroll to Top

Tips Memilih Mobil Bekas

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 19 Nov 2013

beli mobil

Membeli mobil bekas menjadi pilihan ketika harga mobil baru terasa sangat tinggi. Kualitas mobil bekas juga tidak berarti jelek. Pasalnya, banyak mobil dalam kondisi masih bagus dijual pemilik  sebelumnya karena punya masalah butuh uang cepat, atau telah melampaui masa lima tahun yang biasa dianggap sebagai umur ekonomis peralatan.

Tapi, membeli mobil bekas juga perlu ketelitian. Pilah-pilih tetap perlu agar mobil yang dibeli masih memiliki performa prima. Dikutip Antara, berikut ini beberapa tips dalam membeli mobil bekas:

  1. Pastikan semua dokumen mobil yang diperlukan tersedia lengkap. Jangan sampai ada dokumen yang hilang apalagi termasuk kategori penting, misalnya surat tanda nomor kendaraan (STNK). Bisa-bisa disangka mobil tersebut hasil curian.
  2. Periksa semua hal yang berkaitan dengan fisik mobil. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Kalau pun ada yang tidak berfungsi dan Anda masih tertarik, perkirakan biaya perbaikan yang mesti dikeluarkan. Beberapa bagian yang perlu diamati adalah ada tidaknya penyok pada bodi, fungsi lampu, fungsi wiper, dan sebagainya.
  3. Lanjutkan dengan memeriksa kesehatan mesin. Buka kap mobil dengan lebar dan amati secara teliti. Beberapa hal yang perlu diperiksa yaitu mesin dalam keadaan kering tanpa ada ceceran oli. Bila ada oli terlihat, ada kemungkinan terjadi kebocoran dan perlu mendapat perbaikan.
  4. Periksa ban mobil dengan cermat melalui angka Thread Wear Indikator.
  5. Jangan lupa memeriksa kondisi kopling. Injak kopling dengan mantap. Kalau rasanya masih ringan, artinya kopling masih baik. Tapi jika terasa keras maka perlu penggantian.
  6. Ada baiknya juga memeriksa angka pada speedometer. Kalau angkanya sudah di atas 40 ribu kilometer maka perlu dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk melihat performa mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda