Scroll to Top

Gaya Banjir Tahunan Ala Venesia

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 19 Nov 2013

venesia

Di samping sebagai “kota air”, pada musim gugur dan semi Kota Venesia juga harus merasakan banjir kecil di seluruh daratan. Peristiwa tahunan ini terjadi akibat gelombang tinggi menyebabkan air naik mencapai batas maksimum di Laguna Venesia. Akibatnya, masyarakat mesti hidup dengan genangan air setinggi kira-kira separuh lutut setiap harinya.

Peristiwa ini disebut acqua alta. Hal ini tidak saja menerjang Vanesia, melainkan juga kota tetangganya Chioggia. Acqua alta terjadi akibat tarikan gravitasi dari bulan yang bertepatan dengan  tiupan angin hangat dari Mediterania. Hal tersebut memaksa air dari Laut Adriatik masuk ke Laguna Venesia. Biasanya terjadi pada Oktober sampai Desember setiap tahunnya.

Fenomena ini terjadi dalam jangka waktu tiga sampai empat jam. Setelah itu air akan surut lagi dan kering dalam enam jam. Saat air pasang bisa menembus sama 90 centimeter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian air ini mampu menyebar sampai sepertiga dari daratan Venesia.

Biasanya kehadiran acqua alta dapat diprediksi sebelumnya. Sehingga, masyarakat akan mendapat peringatan sebelumnya sebelum genangan air datang. Hal ini memang mengganggu perjalanan, sehingga disarankan tidak mengunjungi Venesia pada bulan-bulan tersebut. Namun, kalau justru ingin melihat fenomena ini, berkunjung ke sana di akhir tahun adalah waktu yang tepat.

venesia

venesia

venesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda