Scroll to Top

Real Madrid Peroleh Ganti Rugi 38,7 Miliar Akibat Sami Khedira Cedera

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 20 Nov 2013

Real Madrid Peroleh Kompensasi dari FIFA Karena Sami Khedira Cedera

Real Madrid kehilangan Sami Khedira yang mengalami cedera ligamen krusiat anterior (ACL) selama enam bulan ke depan. Meskipun ini berarti Los Blancos tak akan diperkuat sang mesin diesel di sisa kompetisi, ada sedikit ‘kabar baik’. FIFA memberikan kompensasi hingga 2,5 juta Euro alias setara dengan 38,7 miliar rupiah. Mengapa bisa demikian?

Hal ini tak terlepas dari Program Perlindungan Klub yang telah disahkan FIFA pada tahun 2012. Dalam regulasi tersebut, dinyatakan bahwa, apabila ada seorang pemain yang mengalami cedera saat tampil di pertandingan internasional, yang membuatnya absen dari kewajiban membela klub, ada ketentuan khusus.

Klub memang memiliki kewajiban untuk membayar gaji pemain sesuai dengan kontrak. Namun, melalui regulasi tersebut, klub pemain tadi, memperoleh proteksi FIFA dari kewajiban tersebut. Alias, FIFA membayar kompensasi gaji pemain tersebut. Pembayaran akan dihitung per 29 hari setelah sang pemain cedera.

Alhasil, Sami Khedira yang cedera dalam laga Jerman kontra Italia, akan membuat Real Madrid mendapatkan 2,5 juta Euro. Ini tak lain tak bukan disebabkan oleh gaji pertahun sang gelandang bertahan di Real Madrid yang mencapai 6 juta Euro pertahun atau 16.400 Euro perhari. Artinya, sesuai dengan regulasi, FIFA membayar gaji lima bulan Khedira.

Bukan sekali ini saja Madrid memperoleh kompensasi dari FIFA. Tahun lalu, ketika Marcelo mengalami cedera selama tiga bulan setelah memperkuat Brazil, FIFA memberikan kompensasi sebesar 1.150.688 Euro atau setara dengan Rp 17,8 miliar.

Meskipun ada kompensasi dari FIFA, bagi Los Blancos, kehilangan Sami Khedira adalah masalah besar. Ia dikenal sebagai petarung di lini tengah Madrid. Kini, Carlo Ancelotti harus memilih alternatif yang ada untuk memaksimalkan skema 4-3-3 pilihannya. Masih ada nama-nama seperti Isco, Asier Illarramendi, atau bahkan Angel Di Maria sebagai pengganti Khedira.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda