Scroll to Top

Pedang dari Raja Pendiri Saudi Terjual 12 Miliar Rupiah

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 20 Nov 2013

pedang raja abdul aziz

Sebuah pedang pemberian Raja Abdul Aziz, pendiri kerajaan Arab Saudi, kepada Pangeran Ahmad Shah Khan di Afghanistan laku terjual hingga mendekati satu juta euro atau kurag lebih 12 miliar rupiah. Pedang ini dibuat sangat kharismatik. Sang empu menyematkan pada pedang berupa lapisan emas dan bentuk kepala singa. Pada pedang juga terlihat tulisan nama “Allah”.

Pedang tersebut diberikan Raja Abdul Aziz sebagai bentuk persahabatan kedua pemangku negara itu. Sehingga, dari sisi historisnya, pedang tersebut memiliki arti penting. Sekaligus, pedang ini sebagai sebuah bukti sebuah kerajaan baru muncul di kawasan Timur Tengah pada 5 Mei 1932.

Penjualan pedang dilakukan melalui pelelangan di rumah lelang Ostenat, Prancis. Pemenangnya adalah seseorang yang melakukan penawaran melalui telepon. Dia tidak mau mengungkapkan jati dirinya. Kebanyakan peserta lelang berasal dari Timur Tengah. Mereka rata-rata kolektor benda bersejarah.

“Simbolisme pedang itu penting bagi negara-negara Arab,” kata Jean-Christophe Chataignier dari Osenat, seperti dikutip BBC.

“Memberikan hadiah pedang merupakan tanda pesahabatan, kesetiaan, dan saling melindungi,” tambahnya.

Pedang ini kemungkinan dulunya berada di tanah Suriah. Namun selanjutnya kepemilikan berganti dan dimiliki olek kolektor dari Prancis sebelum akhirnya dilelang. Pedang pemberian Raja Abdul Aziz ini punya panjang 79 centimeter dan berasal dari abad 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda