Scroll to Top

Selandia Baru vs Meksiko 2-4: Pasukan El Tri Mulus ke Piala Dunia 2014

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 20 Nov 2013

SB-Meksiko

Skor 2-4 menjadi hasil akhir pertandingan kedua play off Piala Dunia 2014 antara Selandia Baru vs Meksiko di Westpac Stadium, Rabu (20/11/2013) siang WIB. Dengan hasil tersebut, maka Meksiko berhak melaju ke Brazil 2014 setelah mengantungi keunggulan agregat 3-9 atas lawannya.

Di awal laga, kedua negara sudah saling beradu serangan. Meksiko ingin secepatnya menghabisi harapan tipis Selandia Baru, sedangkan tuan rumah ingin mencetak gol cepat untuk memudahkan usaha mereka berikutnya.

Namun baru berjalan 14 menit, Meksiko sudah memimpin. Sebuah umpan dari Pena diselesaikan oleh Oribe Peralta dengan cara yang brilian, mencungkil bola melewati atas kiper Moss dan bola melesak masuk ke gawang tuan rumah.

Tuiloma-Aguilar

Selandia Baru lantas mendapat peluang bagus di menit 24, namun kesigapan Munoz di bawah gawang Meksiko mampu menggagalkan usaha mereka. Begitu juga Moss yang sukses membuat upaya Meksiko di menit 25 berakhir sia-sia.

Menit 29, lengahnya lini pertahanan Selandia Baru harus dibayar mahal. Layun sukses lolos dari jebakan offside dari sisi kiri untuk kemudian memberi umpan tarik ke tengah yang bisa dijadikan gol oleh Oribe Peralta.

Bahkan empat menit kemudian, skema gol yang persis terjadi lagi. Kembali lagi Oribe Peralta mencetak gol ketiganya di pertandingan ini dengan proses yang mirip dengan gol keduanya.

Selandia Baru sebenarnya punya kesempatan untuk menipiskan skor. Pelanggaran Munoz pada Brockie di kotak penalti Meksiko membuat wasit menunjuk titik putih. Namun eksekusi yang dilakukan Brockie bisa ditepis oleh Munoz.

Peralta-Durante

Di babak kedua, dengan keunggulan agregat 1-8, Meksiko hanya menerapkan taktik bertahan dan melakukan serangan balik.

Satu peluang bagus didapat Selandia Baru. Berawal dari sepak pojok, tandukan keras Fallon masih bisa dibuang oleh bek Meksiko sebelum masuk ke gawang Munoz.

Tuan rumah akhirnya bisa menipiskan skor di menit 80 lewat tendangan penalti setelah Marquez melakukan handball di kotak penalti. Kali ini Chris James tak mengulangi kesalahan Brockie dan sukses memperdaya Munoz. 1-3!

Barbarouses-Peralta

Gol tersebut agaknya memacu gairah para pemain tuan rumah. Terbukti tiga menit kemudian, Rory Fallon kembali membobol gawang Meksiko lewat eksekusi dari jarak dekat.

Skor 2-4 akhirnya menjadi skor penutup setelah Carlos Pena mengemas gol di menit 87. Agregat 3-9 bertahan hingga laga usai dan memastikan Meksiko melenggang ke Piala Dunia 2014.

Selandia Baru 2-4 Meksiko (James 80’-pen, Fallon 83’ / Peralta 14’, 29’, 33’, Pena 87’)

Selandia Baru: Glen Moss; Bill Tuiloma (Louis Fenton 49’), Andrew Durante, Tommy Smith, Storm Roux; Kosta Barbarouses, Chris James, Marco Rojas (Craig Henderson 73’), Michael McGlinchey; Jeremy Brockie, Shane Smeltz (Rory Fallon 54’)

Meksiko: Moises Munoz; Paul Aguilar, Rafael Marquez, Francisco Rodriguez, Juan Carlos Valenzuela; Juan Carlos Medina, Carlos Pena, Luis Montes (Jesus Escoboza 58’), Miguel Layun; Raul Jimenez (Aldo De Nigris 68’), Oribe Peralta (Zinha 76’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda