Scroll to Top

7 Rahasia Membuat Ikan Bakar Lezat dan Sehat

By C Novita / Published on Wednesday, 20 Nov 2013

ikan bakar

Makan ikan bakar lengkap dengan nasi hangat dan sambal kecap atau sambal terasi berikut lalapannya, adalah salah satu kenikmatan luar biasa dalam hidup. Walau terlihat sederhana dan murah, namun ikan bakar punya cita rasa lezat yang tak tertandingi oleh jenis makanan lain.

Jika Anda ingin membuat sendiri ikan bakar di rumah, namun khawatir dengan tekstur daging ikan yang menempel di alat panggang, maka berikut ada rahasia mengolah ikan bakar dengan mudah.

Penasaran? simak 7 rahasia membuat ikan bakar lezat berikut ini:

  • Bumbu. Ikan bakar sebenarnya tak butuh banyak bumbu, sebab rasa alami dari ikan yang dibakar atau dipanggang sendiri sudah lezat. Anda hanya perlu memberi perasan jeruk nipis atau lemon, kemudian diamkan sejenak hingga meresap. Jika ingin, And aboleh memberi merica bubuk atau garam sedikit saja.
  • Minyak zaitun. Beri olesan minyak zaitun pada ikan sebagai cara untuk mencegah daging ikan menempel di alat panggangan. Aroma minyak zaitun yang lezat dan sehat juga akan menambah aroma ikan. Jika tak ada zaitun, maka mentega bisa jadi gantinya.
  • Rendam. Merendam ikan sebelum dibakar bisa membuat dagingnya lebih enak. Rendam 1 jam, lalu beri perasan jeruk dan olesan minyak zaitun.
  • Jangan terlalu lama. Memanggang atau membakar ikan sebaiknya tak lebih dari 5 menit. Ini untuk membuat semua nutrisinya tetap utuh, dan tekstur dagingnya juga sempurna.
  • Di pinggir panggangan. Jangan tempatkan ikan di tengah panggangan, tepat di atas api. Baiknya letakkan ikan di pinggir, sehingga panas yang diterima tidak terlalu tinggi. Ini sekaligus mencegah ikan gosong dan menempel di alat panggang.
  • Membalik. Membalik ikan perlu dilakukan dengan hati-hati. Ini membuat ikan tetap utuh dan tidak berantakan.
  • Alas daun pisang. Jika memungkinkan, sebaiknya proses membakar atau memanggang Anda lakukan dengan memakai alas daun pisang atau aluminium foil. Keuntungannya, ikan tak langsung menyentuh panas dan terhindar dari gosong yang bersifat karsinogen.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda